Honda in Love

KTM RC200 … first impression vs R25

Melihat KTM RC200 langsung teringst motor Moto3. Maklum ukuran motor KTM RC200 memang hanya sedikit lebih besar dibandingkan motor grandprix 250cc tersebut! gimana bila dibandingkan motor Yamaha YZF R25 ?

KTM RC200 memiliki tampilan lebih padat, gak ada kesan kopong, hal ini karena tampilan KTM RC200 lebih ramping. Plus bila R25 ada kesan sport touring maka motor ini pure sport bike. 

Stang sejajar tapi speedo sulit terbaca

Duduk diatas motor, anda akan mendapatkan posisi riding in the bike, khas motor eropa. Anda berada di dalam RC200. Riding position memang membungkuk, namun posisinstang sendiri tidak berada di bawah yoke namun sejajar dan menyatu dengan triple clamp atas.

Penyakit KTM yang gak pernah beres adalah speedo meter yang sulit banget dibaca karena ukuranya kecil! Memang lengkap tapi tidak terbaca kecuali di pelototin! 

Single seat ? 

Pasti anda akan menyangka motor ini adalah versi single seat ! Mbah juga sama ! Padalah motor ini 2 seater! Lah mana jok buat boncenganya ? Lah itu ! Mana ? Itu ! :D nah bingungkan ?

Seatcowl RC200 dan 390 itu dilapisi busa empuk berwarna hitam. Jika tidak dipegang anda gak bakal sangka itu adalah jok! Cerdik ya?

Its look small but it isnt !

KTM RC200 memang di gambar kelihatanya kecil, tapi coba perhatikan foto mbah diatas motor, sama sekali enggak ada kesang beruang sirkus! Jawabanya mudah, karena motor ini dirancang untuk segmen eropa dimana ukuran mereka besar besar secara fisik!

Gimana soal performa? Oke tunggu artikel besok ya! Karena KTM RC200 memiliki kejutan di sektor ini

Honda in Love

(null)

produk nasional terakhir AHM
Kalau boleh dibilang Honda New Megapro adalah produk kelahiran tahun 2010, sebuah motor yang di produksi oleh Honda AHM sebagai produk lokal, ya produk yang memang cuma dirancang untuk di sini, dipake disini dan untuk orang sini! Udah gak lebih!

produk yang serupa rata rata keluaran tahun 90an seperti honda Tiger, Honda Win atau CS1 yang terakhir, saat ini hampir semua produk yang di buat AHM bersifat global artinya produk tersebut dibuat untuk pasar global

(null)

produk nanggung?

Nah ini masalah yang cukup serius untuk produk megapro, motor ini berada ditengah tengah antara verza dan streetfire, menurut mbah penempatan line up megapro ini bisa dibilang mubazir, maklum untuk dijadikan senjata utama marketing jelas gregetnya kurang, tetapi dimata konsumen motor ini pub dianggap serba nanggung.

ini yang agak ironis, karena kok naga naganya Honda New Megapro bakalan seperti tiger, dipensiunkan tanpa ada penggantinya, dari sisi bisnis menurut mbah hal ini cukup wajar toh kondisi pasar bakalan berubah dan produk pun bakalan mengikuti perkembangan zaman

Honda in Love



Untuk di ibukota bisa lebih murah …

whuaaa kaget juga mbah mendengar berita Jupiter MX King bakal dibadrol Rp 19.350.000 di Jepara jawa tengah … Padahal motornya sendiri belum dirilis lho oleh Yamaha YIMM. Meski motor tersebut sudah mulai didistribusikan!

Pengalaman mbah, harga pabrikan Off the road dimana mana sama, tapi harga On the road bisa berbeda. Seperti di Bali, biasanya paling mahal … Dan yang paling murah? Di ibukota !



Kalo di jual 19 jt OTR … Matilah kompetitor!

Memang sih bebek sport enggak ada yang lain selain Yamaha MX King 150 dan pendahulinya, Yamaha Jupiter MX 135. Namun kompetitot disini adalah Suzuki satria Fu 150. Meski Ayago tapi masih 11-12 lah sama Bebek sport!

Dengan perbedaan usia desain lebih dari 1 dekade plus fungsionalitas Bebek sport yang lebih rasional dipastikan ini bisa jadi palu godam bagi suzuki , tidak saja Suzuki satria FU tetapi armada suzuki lainya yang selama ini udah gak berkutik! Gimana?

Honda in Love

Aprilia harus berjuang keras
Nampaknya perjuangan berat harus dihadapi oleh tim Aprilia Gresini Racing. Maklum penampilan kedua pembalap mereka masih jauh dari memuaskan, bahkan mereka kadang lebih buruk dibandingkan tim CRT mereka dahulu Aspar ART dan sekarang tim IODA ART besutan alex de angelis!

Alvaro bautista tertinggal 2.3 detik dibelakang marc marquez, sementara Marco melandri justru tampil lebih buruk lagi karena tertinggal hampir 4,6 detik dibelakang … Posisi buncit!

Suzuki yang tampil OKE

Kebalikan dari aprilia, suzuki yang justru menggunakan motor yang total baru, GSX-RR dengan konvigurasi mesin total baru justru tampil impresif, Aleix espargaro berhasil menembus posisi 10 besar dalam dua kali sesi uji coba yang dilangsungkan di sepang! Sementara prestasi Maveric Vinales pun cukup impresif, sebagai rookie dia berhasil berada didepan tim Aprilia Gresini 

Kalaupun ada yang membuat fana suzuki khawatir adalah masalah ketahanan motor mereka, seperti yang dialami randy de puniet di valencia, tetapi mungkin masalah itu sudah bisa diatasi saat ini … Kita tunggulah bulan depan bagaiamana kelanjutanya!

Honda in Love

(null)

Honda AHM masukan CB1100

Semakin hari semakin santer bahwa Honda AHM tidak saja mengimpor Honda CB650F dan CB650R tetapi salah satu motor ICONIC yaitu CB1100 series. Nah beruntung Mbah udah pernah meliput motor ini secara detail plus memfoto motor ini secara lengkap. monggo ini sedikit spesifikasinya.

Mesin : 4 silinder Inline DOHC oil cooled, PGM FI. Kapasitas : 1140cc Bobot : 248 kg (kotor), Tenaga Maksimum : 66 KW @ 7500 RPM, Torsi Maksimum : 93 NM @ 5000 rpm

(null)

CB1100 … mengutamakan Torsi dan Kenyamanan

Honda sesuai namanya CB adalah roadbike, jadi jangan harap motor ini bisa ngacir seperti Fireblade. Honda CB1100 mengutamakan kenyamanan berkendara. Salah satunya dengan membuat motor memiliki torsi besar di putaran rendah. 93 Nm didapat di 5.000 rpm. Hal ini kontras dengan tenaganya yang cuma 66 KW. Tujuanya selain nyaman motor bisa dengan mudah digunakan di kecepatan rendah!

suspensi belakang menggunakan sistem stereo alias dual shoc. Enggak enak buat rebah di sirkuit, tapi siapa juga mau rebah pake motor CB1100

(null)

Mesin Low Maintenance

Mesin Inline 4 silinder, dengan kompresi 9.5 : 1 plus sistem pendinginan Oil menjamin motor ini memiliki perawatan yang mudah. Karena sistem oprasional motor yang amat sederhan dan simpel. terlebih sistem Injeksi motor ini adalah PGM-Fi di skutik aja gak rewel apalagi di Moge nya!

gimana urusan panas mesin? Nah ini yang menari, posisi mesin berada di depan, dan jangan salah, buat Moge, dengan pendinginan udara, justru lebih adem ke kaki, karena enggak ada hembusan angin dari kipas radiator

(null)

Aura Klassik dan Retro kuat!
Nilai jual Honda CB1100 itu bukan dari performa, tetapi kombinasi antara kenyamanan motor dan kesan klasik! Liat aja velg jari jari allumunium, suspensi stereo dan spakbor allumunium. jelas ini motor aura retronya kental! Dan sejauh ini motor ini gak punya lawan sekelas.

menurut mbah Honda CB1100 ini justru memiliki peluang kuat untuk menembus pasar nasional, yang didominasi moge Eropa dan Amerika, tidak dengsn performa namun dengan aura klassik!