37 comments on “Yuk naik angkutan umum !

  1. Misal udah ada busway n monorail dengan rute lengkap, mungkin perlahan Saya mau ninggalin kendaraan pribadi ( kecuali untuk nyalurin hobi riding ) :D

    Percuma naik busway, kena macet juga jalurnya diembat mobil n motor. Belum lagi antrinya panjang.

    Pengalaman naik busway berangkat kuliah ( sore ) Rumah daerah Teluk Gong – Rawamangun 3 jam, padahal naik motor cukup 1 jam :(

  2. Dulu pas sekul, naek metromini selalu was-was jadi sasaran lemparan batu akibat tawuran anak sekolah.. So, aman nge roda dua,….

  3. Aneh ya, udah dibuatin jalur sendiri.. Tinggal fokus perhatiin ke depan, kok masih bisa2nya nabrak pembatas kaya gitu.

  4. karena angkutan umum di jakarta ga ada persaingan alias monopoli (perusahaan yg ada cuma bagi2 trayek doang, ga ada yg ngambil trayek yg sama) sehingga ga ada peningkatan pelayanan. coba bandingkan dengan persaingan bus AKAP pantura jarak menengah, ga ada bus yang jelek dan ga nyaman.

  5. pengen mukulin sopir angkot dan metromini om?
    silakan
    mereka ugal2an tuh
    kadang yg nyopir malah masih anak2 abg lebay sambil smsan

    ayo jokowi, lama amat nertibkannya…

    • jokowi baru kerja 100 harian belum ad setahun n menurut ane jokowi ngeberesin/membangun jakarta dari minus(-) ..

  6. Ini salah satu pembeda artikel dr blog’a tmcblog, iwb, triatmono dll ..
    ane suka sama trit d blog ini berani untuk menyampaikan kenyataan/fakta ..
    moga transportasi publik maju kualitas’a macam d jepang atau negara maju lain’a ..

  7. gile nih jakarta dah ane tinggalin 22 tahun (sejak th-91) masih begini juga. Malah tambah parah, tambah ruwet, tapi emang banyak yang buktiin kalo nyari duit di jakarta gampang. Tul gak???

  8. klo soal ini aku cukup paham dulu ortu punya 12 mobil mikro (sejenis kopaja)..terpaksa bubar krn klh sm sepeda motor,pemerintah harus mengubah kebijakan transportasi umum tdk boleh sistem kejar setoran.

  9. Kadang kangen juga naik angkutan umum ha ha
    Sekarang bus kota, angkuta jalannya pelan2 tidak seperti dulu alay semua kebut2an rebutan penumpang

  10. Selama sistemnya masih pake setoran ya bakalan masih akan ugal2an, coba aja liat di taxi beda yg sistem setoran dan persentase….jauh…coba juga liat kopaja yg masuk busway ternyata masih sistem setoran makanya gak disiplin. Kenapa dishub dan pemda DKI ndak lihat ini sih? Benahi dulu sistem setoran baru jadi beres karena mengurangi kesempatan sopir batangan.

  11. wow… :shock: busway ngak bagus, busnya oklah, way nya itu? kalau MRT dan monorel OK kayaknya tapi masalah macet cuma jalan satu arah solusinya bukan yang lain.

  12. kan udah dimarketingin mbah lewat pic yg mbah taruh diatas hahahaha
    khusus pic busway nya benar2 pagar makan bus nya tuh :)
    bener mbah. marketingin paling gampang yakni pejabat yang senengnya royal pake mobil dinas turun pake angkutan umum kali ya. dengan begitu baru mereka tahu bagaimana rasanya naik angkot n nikmatnya naik kendaraan pribadi. nah setelah itu semoga pikiran mereka terbuka

    http://www.dk8000.co.nr

  13. Ping-balik: Andai Angkutan Massal di Jakarta Seperti Bus Pantura « achmad sya'roni personal blog

  14. heran aja dunia kita ini, jadi pekerja kredit mobil pake premium terus di kampanyekan jadi penghabis subsidi bbm tidak pro rakyat kecil, pamer kekayaan dll…dll…dll

    angkutan umum GA CUKUP, GA AMAN, GA NYAMAN, GA NYAMBUNG…trus APA ALASANNYA…
    ?
    katanya bbm di singapura dah berapa masa kita sekarang masih harus di subsidi ?

    seorang manager di perusahaan tempat saya kerja dulu dimutasi ke singapura trus dikasih fasilitas mobil, DI TOLAK..alasannya napa saya harus buat uang naek mrt lebih enak trus gampang lagi.

    saya saya supir di perusahaan tempat saya kerja dulu yang tinggal di medan, “lo jangan naek MOTOR lah ke kantor, naek angkutan umum aja”

    jawabnya : WAHHHH GA MAU LAHHHHHHHHHHHHHHHHH

    kalo udah gituuu apa karena kita tidak boleh ada pilihan lain selain harus naek KALENG BERJALAN ?

    SO KENAPA PENGGUNA BBM SUBSIDI HARUS DIPAKSAKAN MALU, SEMENTARA YANG GA BECUS MENYEDIAKAN ANGKUTAN UMUM GA PERLU MALU ?

    BELUM LAGI YANG GA BECUS MENJAGA BBM SUBSIDI SEHINGGA TERJADI PENYELUNDUPAN BBM SUBSIDI…JUGA GA MERASA MALU ?

  15. Orang yang biasa naik mobil 600jt (dan di-isi dia dan sopirnya doang) tentu definisi “nyaman” nya beda, kalo orang yang gak punya kendaraan mah kayak nya nyaman nyaman aja tuh ya. Kalo setiap orang punya definisi Nyaman sendiri, ya gak akan selesai selesai, emang cuma mau nyenengin loo doang apa haha

    • coba baca artikelnya dengan baik dulu bro, sebelum membuat stigma soal pemakai mobil mewah … ane ga ngebahas soal nyaman tapi esensi dari kendaraan umum. jadi jangan asal jeplak menyalahkan pengguna mobil. jadilah kometator yang cerdas ;)

      • orang kaya banyak maunya, pengen nyamanlah, amanlah. . nyaman-aman kalau sangat mahal siapa yang beli??… pernah liat orang kaya naik angkot, sepanjang jalan mukanya panik gt,jdi lucu malah, padahal aman2 aja.. definisi Aman bagi orng kaya blm tentu sama dengan orang kecil.. emang mau ngamani loe donk . . . heheh..

      • hehe thanks sarannya, gak nyalahin orang kok, mau yang kaya apa yang miskin, cuma mau ngegaris bawahin “transportasi yang nyaman dan aman” nya aja..

        banyak orang kita yang berkomentar kalo transportasi kita gak nyaman gak aman blah blah blah, cuma mau tanya, emang seberapa sering aja orang tersebut naik angkutan umum sih?

        mungkin gw salah mengerti (tolong dibenerin), tapi sepertinya inti dari artikel ini tentang “jangan di paksa, tapi dipancing dengan transportasi massal yang nyaman”

        nah kalo beneran kayak begitu, sampai kapan kita semua bisa menyamakan definisi “nyaman” ? nunggu semua jalanan gak bergerak?

        ini salah satu artikel yang gw suka di Blognya mas Saranto,

        http://arantan.wordpress.com/2011/12/31/angkutan-umum-tidak-akan-pernah-se-ideal-yang-anda-mau-apakah-bisa-jadi-alasan-untuk-tidak-menggunakan-angkutan-umum/

        Cheers

      • @wongkecil

        ya makanya kalo orang kaya enggak ada yang naik angkot , naik motor pun enggak ! … orang kaya pada naik alphard dan pake supir. trus mereka salah gitu ? makanya kerja keras kalo mau jadi kaya … repot ! :mrgreen:

        @ rezavoe

        ane 6 tahun di oz naik kendaraan umum terus, bukan berarti ane enggak sanggup beli mobil-motor. cuma ane ngerasa lebih nyaman naik trem kemana mana … kenapa ? karena lebih praktis , ga repot nyari parkir dll . ini negara demokrasi, semua bebas memilih dan pilihan paling realistis ya naik motor kalo di jakarta – lebih cepat dan praktis.

      • @wongkecil:
        Sungguh sempit pikiran anda, emangnya orang kecil / miskin nggak butuh nyaman dan aman? pasti butuh dan nggak bakalan nolak kalau mendapat kondisi aman dan nyaman. mereka seakan akan tidak menuntut karena mereka TIDAK PERNAH berkesempatan merasakan “aman dan nyaman” jadi nggak punya pembanding.
        orang kaya memang memberi kesan rewel karena mereka sudah tahu bagaimana seharusnya kondisi yang “aman dan Nyaman” karena mereka sudah merasakannya (mis di negara lain) dan mereka MEMBAYAR PAJAK (jangan salah! di indonesia jumlahnya sangat besar sampai 30%an penghasilan; termasuk 10 terbesar di dunia…… contoh ane byr pph ps 21 pribadi tahun 2012 senilai 1 mercy E300 baru, nah lho! udah bayar pajak mahal tetep aja nggak mendapatkan “aman dan nyaman” gimana nggak rewel?
        nah buat @wongkecil pertanyaannya adalah : apakah anda sudah membayar pajak? kalau belum ya nggak usah ngomong :-)

        sebagai contoh MRT / bus jarak terjauh dari harbourfront ke woodland (sekitar 49km) di Singapore adalah $SIN 2,4 atau sekitar 26ribu, mahal? tidak juga! coba saja anda naik angkutan umum di jakarta dari Depok ke cilincing marunda (sekitar 50km an) apakah cukup dengan uang 26 ribu rupiah (sama dengan tarif di singapore)? kenapa tarif di sana cukup murah? karena bukan BBM yang di subsidi pemerintah Singapore tapi LPG rumah tangga, Listrik dan Angkutan umum

  16. kapan yaa…??
    Ada angkutan masal yg bener2 aman,murah & nyaman,,,!! Mimpi x yaa..!! Negeri ini ngga pantas melarat…sampai kapanpun ngga pantas…

  17. ya orng kecil kek saya setidaknya telah membantu mengurangi kemacetan (krn sering naik angkot n bis).. kalau orng kaya membantu mengurangi kemacetan,gimana caranya ya?
    piss ah!

Komentar ditutup.