115 comments on “Marketing Strategy : Strategi Honda bisa terbaca, tapi tidak bisa ditiru

    • woooow analisa ciamiikk… CBSF dihajar new vixi…verza kosong gk yg lawan…next byson fi..mgkn ada new megapro FI…akan ada motor bikin geger lagi dr klan kawasaki er250 dgn harga 40/50jtaan. akn tetapi CB250R tiger akn brojol dgn harga 27/28jtaan…piye iki….blm lgi kabar suzuki akan ada adik thunder eeeh AHM lgi riset MSX 125…bisa2 Indonesia kyk India…bebek akn segera punah.

  1. Mungkin yamaha bisa pake strategi lain, merambah digital mungkin? Social media? Smartphone apps? Kalo mulai duluan bisa tuh yamaha jadi raja di digital after sales service nya, sementara honda sibuk perbanyak produk.

    • selama ini udah koq… dari online sparepart yang baik, gencarnya promosi tingkat tinggi, writing contest, berusaha lebih “touching your heart” di konsumen, after sales yang jauh lebih baik, gencar promo di Facebook (meskipun Honda akhirnya jua ikut cara yang sama) .. updated website, dll

      cara2 diatas yang bikin Yamaha tetep eksis sampai sekarang di mata orang, meskipun secara jualan cuma dapet 35-40% total penjualan dibanding Honda… coba ga lakuin cara diatas… ya ga beda sama suzuki motor (kecuali FU).. wong Yamaha ga punya produk flagship yang superpower seperti Kawasaki Ninja 250 atau Suzuki Satria FU yang tanpa dipromoin aja dah laku dari mulut ke mulut

  2. “dengan beli CB150R yang lebih murah, ane sudah mendapatkan motor “serupa” dengan CBR150R!” Jika sudah seperti ini sulit untuk kompetitor menghadapi mindset konsumen AHM. Karena ya memang benar … CB150R adalah Derivatif inferior dari CBR150R !!! tidak bisa dibantah !

    =======================

    “dengan beli Nyupixong yang lebih murah, ane sudah mendapatkan motor “serupa” dengan Jupiter MX!” Jika sudah seperti ini sulit untuk kompetitor menghadapi mindset konsumen YIMM. Karena ya memang benar … nyupixong adalah Derivatif inferior dari Jupiter MX !!! tidak bisa dibantah !

  3. Mungkin salah satu cara buat ngelawan strateginya honda adalah sang kompetitor harus melokalkan produk importnya (membuatnya/rakitnya disini) sehingga bisa menjual dengan harga yang lebih murah dari produk import honda. Misal kalau yamaha mau jual R15 dibikinnya disini lalu dijual jauh di bawahnya CBR 150, kurang dari 30jutaan. Opo ora bikin klepek-klepek konsumen honda (merasa kemahalan). Ngapain beli CBR 150 33jutaan, lah wong ini ada R15 keren kurang dari 30 jutaan. Seumpamanya begitu Mbah :)

      • ntar yang modar nu pikson….Jualan Utama AHM ya motor dari 11 jutaan sampe 25 juta..klo diatas itu mah buat premium class… untung rugi bodo amat orang cuma impor…gitu kata mbah dukun…

    • pokoknya r15 gak bakal dijual di indo,, selama nupigson kopong masih laris..
      makanya jangan pada beli nupigson supaya RI5 cpt rilis di indo

    • strategy marketing itu tidak melulu.. jual murah yang penting laku…. strategi jual murah itu strategi dasar yang semua orang dari bakul tempe aja bisa mraktekin mas bro… yang susah itu seperti jualannya KFC… ayam sepotong (paha/dada doang) dijual 20.000… po ga jossss untungnya…

  4. baik dari artikel berjudul

    Marketing Strategy : Dibalik Peluncuran motor Flagship AHM … Semua “kecele”

    maupun yg ini mangstab dibaca.
    bro satar, tmcblog dan iwb tulisan2nya enak dibaca tanpa menggurui, menghakimi dan yang pasti tidak pake tulisan2 alay dan banyak …. serta istilah2 marketing ngawur dan ngasal tanpa dijelaskan pula seperti triatmono.

    masuk akal dan mudah dicerna analisanya

  5. Honda bisa aja ngeluarin CBR 250R berbasis VTR 250 yg powernya 39 hp, tapi sayang, AHM udah terlanjur ngasih harga operpress,,, jadi serba salah… Mau diturunin harganya takut dianggap bukan produk premium lagi atau bikin sakit hati konsumen lama. Mau dibiarin tetep harganya malah gak laku2. Dan lebih sialnya, motor yang sejatinya adalah motor buat touring dikasih fairing & dikasih nama CBR, dimana nama itu cuma pantas untuk gen sport. Tapi ane gak yakin, apa bener motor flagship2 itu cuma utk pancingan & utk proyek motor derivatif yg lebih besar produksinya? Ane rasa itu cuma imajinasi mbah aja hehehe… Motor2 derivatif Itu nongol karena AHM kepepet aja mbah, susah lawan kompetitornya, makanya nongol vario 125, cb 150R & new tiger dengan embel2 “sodaranya motor premium”

    • dari majalah dan situs2 motor dunia info VTR250 menggunakan mesin VTwin dan itu cuma bs di buat di Jepang,bahkan di thai pun belum bisa,nggk mungkin honda / pabrikan manapun menggunakan mesin yg nggk bs dibuat global untuk pasar global, apalagi untuk AHM aja nggk mungkin…emang cuma AHM mitra HONDA di dunia ini? emang cuma Indonesia pasar motor HONDA nggk kan, mungkin aja memang CBR250 itu nggk dimaksudkan untuk Indonesia buktinya cuma import dan dikit pula beda ama India yg lokal produksinya atau emang AHM sebenarnya nggk mau karena sedikit dan nggk ada profitnya tp diminta sama HONDA kita tidak tau toh perjanjian kerjasama mereka cuma bs nebak2 tp harus tetap logis lah kalo kasih opini

    • Pemikiran si sportrider lha yang di harapkan ahm kepada si yimm….wekekek :D ada ada aja masa perusahaan otomotif yang kepepet bisa launch produk secara terstruktur dan terjadwal :D

    • Sepertinya sih begitu om, soalnya gaya serupa juga diterapkan honda di Moto GP dan tidak berhasil (baca:hampir berhasil). No wonder lah liat strategi tersebut dipakai AHM, hehhee.

  6. Perasaan ga aneh2 amat sich? Tengok kebelakang: Dulu line up motor batangan honda adalah NSR,TIGER,GL PRO,GL MAX,WIN.
    Sekarang CBR,TIGER,MEGA PRO,STREET FIRE,VERZA.

    Apa yg dimaksud strategi hebat?? Intinya honda ingin jualan motor sebanyak2nya dg cara maen keroyokan. Jadi semua segmen bisa teraih. Kompetitor tentu saja sulit meniru ini karena keterbatasan dana dan line up mesin produksi.

    Sebetulnya sejak th 2000 an honda melakukan strategi ini,tapi ternyata tidak semuanya sukses. Contoh yg gagal:
    KIRANA,SUPRA V,BLADE lama,CS 1,REVO BEBEK MATIC.

    • Betul, kata-kata “flagship” hanyalah ungkapan AHM untuk menghibur diri karena produknya gak laku. Kayak blade lama, cs1, sonic, bebek matic, cbr itu. Kenapa gak laku? desainnya jelek banget. Liat aja spion cbr, najis banget kan?

  7. klo yg gak ngerti ilmu marketing pasti bakal gak percaya ma strategi AHM……….. ayo wak Haji bales lg ben rame,ben nambah ilmu jualan…….

    • Bukannya ga ngerti marketing bro. Tapi saya sndri berpikiran bhw analisa mbah dukun tll berlebihan.
      Kalaupun honda sulit digeser,ya wajar lah…Lha wong mindset honda dah bgtu menancap kuat dibenak masyarakat banyak. Pendukung fanatiknya jg banyak. Lagian,mereka punya kemampuan modal dua smpe tiga kali lipat pabrikan lain.

      Contoh kecil saja:
      NMP sm vixi bagus mana? Hampir semua org bilang bagus vixi. Tp toh NMP tetap laku kan?
      So…siapa pembeli nmp? Ya tentu saja para fans fanatik honda.
      Beat cakep? Dg starter bletak? Irit ya? Se irit apa? Kata Mas Tri cm selisih 2km per liter.

      Coba kalo produk diatas bukan merk honda!

      • selisih 2Km ,,, lumanyun klo buat dorong motor,2km jalan kaki sambil dorong motor & ada di tengah hutan,kehujanan & kepanasan,,, dongkol hati pasti dan ngga pake lama itu motor di bakar karena nyusahin,,,,

  8. sebnrnya knp wktu itu yamaha hampir bs menyalip honda dikarnakan ada marketing astra beralih ke yamaha coz waktu tu saham yamaha dah di beli ma toyota….. mau gak mau astra merubah sistem strategi marketing nya….. lagian toyota produksi nya dah bkn astra lg,cmn marketingnya doank astra…….

    • Kenapa waktu itu yamaha hampir menyalip honda? Karena matic makin disukai,sementara honda blm punya. Yamaha vega juga lbh baik dibanding supra fit nya ahm.

  9. ga nyangka mbah dukun bisa kepikiran tentang ini coz biasanya ni blog ringan ga membuat pembaca berpikir ulang, ternyata bisa buka mata pembaca juga coz konsumen awam taunya yg di depan mata kaya data penjualan, spy shot motor baru dll artikel demenannya para fb tawuran hehehe

  10. pabrikan lain gak usah ngikutin honda yg berfikir kuantitas diatas segalanya terobsesi dengan MS

    dari pada terlalu nafsu ngejar MS lebih baik fokus ke kualitas produk , pertahankan kualitas yg sudah baik kalo perlu lebih ditingkatkan lagi

    • kan sudah ada ducati cuy……. you bisa kebeli ducati tah?…… triit ini masih dalam koridor motor2 produksi masal…… kalo mau seperti ente….tinggal pilih…ducati, beneli, triump or Hd….. jangan bilang yahama sudah buat motor berkwalitas….preeet lah itu……. basicnya yahama gitar koq….ngakak

    • pelek peyang, komster oblak, CVT berdecit, plastik ga tebel2 amat koq, coba de sentuh sendiri tiap motor yamaha, cuma fansboy yang mengagungkan plastik motor yamaha setebal kulit badak.
      hahahahahaha…

  11. Yang membuat AHM moncer 2 tahun terakhir bukan strategy aneh-aneh macam produk flagship, derivatif, dll……tapi bermodalkan model imut pujaan abg yang dikenal dengan nama CHERRY BELLE!!!

    Market share berbicara:
    Penjualan terbesar AHM adalah di segmen skutik.
    Dan itu terjadi setelah CHERRY BELLE menjadi icon Beat!
    Sebelumnya strategy flagship – derivatif sudah dilakukan dengan menurunkan PCX – Vario.
    Hasilnya tetap saja memble, YIMM menguasai skutik & sport.
    Untung saja AHM tetap merajai pasar bebek sehingga tertolong dan gak sampai disalip oleh YIMM secara keseluruhan ms.

    Setelah AHM menguasai pasar skutik berkat bantuan CHERRY BELLE, barulah AHM bisa melepaskan diri dari kejaran YIMM.
    Dan untungnya disaat yang bersamaan YIMM terlalu keras kepala tidak mau menyematkan fitur pbl, sss, & shutter key ke dalam produk skutiknya.

    • kalo gitu yamaha mending buang sekian juta dolar untuk mio j sama soul GT di iklanin sama SNSD dan Super junior donk? banyak tuh cewe cowo suka yang begituan modelnya, bisa langsung rontok tuh, cherebelle wannabe atau snsd wannabe, untuk iklan itu motor kan produk global, bisa lah di share di semua televisi,

      sementara bebek-sport teteppake vr dan hohe,

      uda kuat tuh power BA yamaha,

    • yamaha udah pake aitakata jkt48,dan model2 cntik untuk mio fino.serta xeon oleh model abg titian putri. Lumayan nampol tuh.

      • masi kalah sama plagiatan si cherebelle bro, coba munculi band yang di plagiat Chibi, terus ada tagline, yang lain makin niru

  12. Keren banget mbah strateginya honda. Baru ngeh pas baca tulisannya mbah yg kemaren sma tulisannya wak haji taufik.. Kereeennn

  13. tah bener kata yg di atas mbah iklan cherry belle juha mempengaruhi anak2 muda..
    street fire juga pake klan cb biar di kata akronim cherry belle.

    intinya konsumen ahm itu fans chibi2 hahaha

  14. Ping-balik: Fokus Memenangkan Hati Konsumen adalah Trophy yang Yamaha Bidik « TMCBlog – Motorcycle News

  15. bener mbah ane setuju nih, dapet motor murah tp teknologi motor flagship, ayo AHM buat tiger bermesin cbr 250cc

  16. maaf sy bukan ahli merketing, cm skdar nimbrung. :)
    Imho utk saat ini, pnjualan mtr mgkn sdh tdk relevan lg dgn motogp. Kawak & suzi sdh kluar dr motogp, tapi ninja & satria fu ttap laris manis. Ini mgkn krna mrka t’masuk pemain lama yg sdh pnya reputasi nasional & internasional. Utk matic di sini, sy rasa isu yg plg bnyk diangkat adalah konsumsi bbm, makanya mio series kalah sm beat & xeon kalah sm vartech. Hal ini sy rasa wajar krna sbgn besar rakyat indonesia adalah kls menengah ke bawah, dimana hitung2an biaya bbm tetap mnjdi slh satu prioritas utama. Lihat sj, motor yg semestinya diisi pertamax, tetap dipaksain isi premium demi menghemat pengeluaran utk bbm. last but not least, utk meruntuhkan honda sprtinya sulit. Butuh usaha ‘mematikan’ namanya dulu, produknya perlahan akan nyusul.
    cmiiw

  17. maaf sy bukan ahli merketing, cm skdar nimbrung. :)
    Imho utk saat ini, pnjualan mtr mgkn sdh tdk relevan lg dgn motogp. Kawak & suzi sdh kluar dr motogp, tapi ninja & satria fu ttap laris manis. Ini mgkn krna mrka t’masuk pemain lama yg sdh pnya reputasi nasional & internasional. Utk matic di sini, sy rasa isu yg plg bnyk diangkat adalah konsumsi bbm, makanya mio series kalah sm beat & xeon kalah sm vartech. Hal ini sy rasa wajar krna sbgn besar rakyat indonesia adalah kls menengah ke bwh, dimana hitung2an biaya bbm ttap mnjdi slh satu prioritas utama. Lihat sj, motor yg semestinya diisi pertamax, ttap dipaksain isi premium demi menghemat cost utk bbm. last but not least, utk meruntuhkan honda sprtinya sulit. Butuh usaha ‘mematikan’ namanya dulu, produknya perlahan akan nyusul.
    cmiiw

  18. Kok sepikiran dengan saya
    Sejak 2 hari lalu sempat kepikiran eh jadi 2 artikel oleh mbah dukun
    Apik apik lanjutkan
    Ha ha

  19. Waahhh, baca artikelnya mbah dukun gak hanya bikin ane melek tentang dunia R2, tp juga nambah wawasan tentang dunia marketing…
    Ajiiiibbbb

  20. lagi2 duit…hehehe…susah emang ngadepin yang punya modal gedhe…
    misal bagi honda mungkin yah mudah aja bikin tandingan ninja 250 fi…tapi yah…nanti dulu lahhhh…mungkin gitu…hehe…
    selalu berusaha mengukuhkan diri sebagai market leader…

  21. ane uda kasih tau di bloger sebelah yang intinya yamaha mau menang ya develope celah celah sebelum di pegang honda, eh di delet, karena cuma nyebut yamaha bisa habis kalo cuma ngeladeni honda tanpa liat celah, dan kepedean dengan line upnya

    tapi kesalahan terbesar yamaha yaitu ga pernah ngelempar motor motor sexynya untuk pasar indonesia, bayangkan kalo xeon dan nuovo jadi duo? soul GT dari awal untuk semua kalangan, terus ada fitlur2 keamanan yang populer, munculnya r15 v2.0 dengan harga yang jauh lebih murah dari cbr150, vega zr pake mesin yang 11-12 dengan jupi z1, mesin jupi mx untuk motor murahnya, masi banyak lah,

    kelas premium yamaha harusnya main build up aja, bayangkan wrx250 seharga 65 juta? orang tau speek motor ini, terus untuk flagship, ga perlu laku yang penting montir bisa benerinya, cukup masukin r1 aja kemari, harga semahal mahalnya ga masalah, asal dapet jaminan kemudahan pelayanan, uda deh, yamaha punya flagship murah,

  22. iya emang masuk akal… strategi ky’ permainan catur. mending ada yg dikorbanin agar sang raja tetap berkuasa…. nah masalahnya bg korban operpricenya flagship model honda ya harusny jd pembelajaran.. tp toh mungkin bg yg beli produk premium Honda tentunya sudah sangat berkecukupan dalam hal rejeki… jd rugi banyak yo gpp to… :D just IMHO

    • nrt gw rugi seh separoh2 lah,soalnya material dan fitur nya secara detail mase ada perbedaanmosok mao biaya mura mao kwalitas paleng bgs?motor sekelas global vs lokal,tar klo motor lokal hrg mumer bs sekelas global baru rugi gede2an yg beli mtr CBU,haha..

  23. bro sule pasti komen di blog triatmontok kan.?? blog ababil gitu kalo komen yg gak sesuai dg pmikiran bloger psti dihapus.. kan dia mrasa pling bner soal pmotoran…

  24. sebenernya dari dulu udah pernah komen ginian di blog mind genesis

    tapi ya biasa… di bantah mentah mentah sama komentator smartnya

    strateginya emang udah kebaca,,, keluarin produk flagship, keluarkan produk dengan harga lebih murah,,, main harga… tapi power kek gini, ga semua prabikan punya,,, butuh ragad besar… buat AHM ga masalah untungnya lebih dikit per produk dibanding kompetitor,,, soalnya lakunya buanyak… nek pabrikan yang modalnya kecil mau niru strategi kek gitu, ya gak bakal balik modal

    ibarat produk sirup dari pabrik besar lawan produk sirup dari usaha kecil menengah (UKM),,, harga sirup yang dibuat pabrikan besar banyak yang lebih murah dari yang dijual ukm… tapi bukan berarti produk ukm ga bisa laku…tinggal disini gimana ukm itu bisa meracik sirup buatannya lebih enak, ataupun unik dibandingkan produk yang dibuat oleh pabrik besar, tanpa harus menaikkan harga bahan baku :D

    kalo ditanya soal jumlah penjualan gimana? ya selaku2nya produk ukm ga bakal bisa lebih banyak lakunya daripada produk dari pabrik besar,,, tapi yang penting gimana ukm itu biar bisa bertahan dan tetap eksis… kecuali ukm itu tiba2 punya modal gede, sehingga bisa membangun ukm itu jadi pabrik besar juga

    ini hanya permisalan aja lowh ya,,, ntar ada yg nyolot lagi sirup kog dihubung2kan sama motor :lol:

    • terlalu mosok yamaha dibilang ukm
      yamaha pernah cuma beda 2% msnya dibanding honda
      yamaha dananya besar bos liat aja di media apapun yamaha ada disana
      apa lg tv lokal macam jtv ada acara yg rutin disponsori en moto gp tentunya dll
      ga sedikit dana yg dibutuhin tuk jadi sponsor mana di berbagai tv terkemuka dan menjadi sponsor utama

    • ada kata ane disini yang nyebut yamaha? kawasaki suzuki, lainnya juga termasuk

      lagipula kalo modal yamaha global gede, segede honda,,, ngapain cabut dari wsbk n wss? knapa ga bisa jor2an kasih gaji pembalap di moto gp? knapa ga berani pake tiga rider? situ bisa jelasin?

      • wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk tambah parah kawasaki suzuku termasuk ukm
        minerva pedagang asongan donk wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk
        ngapain juga jelasin sobodo amat ama tu pabrikan wkwkwkwkwkwkwkwk

  25. keunggulan Honda didukung ama stock budget yg melimpah..

    AHm mkin mengontrol pengarauh di pasar red ocean, smntara blue ocean jg tak klh digarap AHM dg verzanya.

    yg lain hanya bs ngamatin…

  26. Trik strategi yang jitu nih pabrikan ni, saat2 lagi rame yg lain ngeluarin produk barunya eh ternyata di satu sisi pabrikan ni bersiap2 mengejutkan dengan varian yang lebih banyak yang bisa ngebuat pabrikan motor lainnya ketar ketir nih

  27. dengan kata lain mbah dukun bilang yang beli cbr250r sama cbr150r itu orang bodoh, mereka bener-bener fanatik merk tanpa memikirkan value for money nya gitu kan maksudnya mbah?

    but.. duit aing terserah aing

  28. Salam kenal..bro semua..berarti kepuasan konsumen nya cuman mentok di prduk “downgrade” nya flagship model yaak…wah…yang perlu di ubah mindset nya konsumen ini..mnurut saya sih..hehe.

  29. nahh.., saat tiger baru datang nanti yg rumornya upgrade jd 250cc, honda mulai keliatan sepak terjang sesungguhnya.

  30. Strategi pemasaran yang baik sekarang itu adalah strategi yang mengarah kepada pasar menengah ke atas…klo untuk unjuk gigi, honda udah pasti oke kok

  31. emng sulit meniru strategi marketing honda,,,,tp sebenernya klo dipelajari secara seksama,,,seharusnya bs ditiru dan di adaptasi dengan lebih baik,,,

  32. emng sulit untuk ditiru yahh,,,tp sebenarnya klo dipelajari lebih seksama seharusnya bisa ditiru dan di adaptasi dengan lebih baik lohh,,,

Komentar ditutup.