95 comments on “Marketing Strategy : Dibalik Peluncuran motor Flagship AHM … Semua “kecele”

  1. Tapi seandainya motor2 premium tsb dijual dg harga lebih murah,bukankah akan laku banyak? Dan jika laku banyak meski untung sedikit,bukankah scr kumulatif juga akan menghasilkan duwit banyak? (Prinsip dagang china).
    Dan dari sisi image ataupun marketing,dengan banyaknya orang bisa memiliki motor kuatlitas premiumnya honda,bukankah justru semakin menunjukkan pada masyarakat bhw honda adalah motor kelas dunia?

    • darah muda dunia motor ….. ngebut benjut (ngebut benjol) … qiqiqiqiqi
      mantap ulasannya …. siippp

      *salam ojek

  2. Ceritanya belum bubar
    Honda sudah punya cerita
    Di pasar yang besar harus ada rencana produksi yang dirancang dengan seksama dan tempo sesuai rencana ha ha

  3. oww berarti kalo Kawasaki = jualan N250 “tok til”
    ZX6R + Versis+ ER6 = Umpan
    Bebek+KLX seris = Bumbu

  4. Ping-balik: Produk Flagship yang Bukan Hanya sekedar MercuSuar « TMCBlog – Motorcycle News

  5. Kalau strategi over price PCX dianggap sebagai strategi buat bikin Vario laku, lah gimana dengan fakta bahwa konsumen yg mau beli harus menghadapi daftar inden yg sangat panjang dengan waktu inden sampai 6-7 bulan?

  6. Mantab mbah analisanya…
    Kita tunggu produk derivatif nya CBR250R yg mgkn diturunkan ke Nex Tiger.
    Kalau PCX 150 produk derivatifnya apa ya???

  7. bener juga sih semua flagship line up termasuk ga laku kalo di pikir2pake jidat yang waras

    flagship honda = cbr250, cbr150, sama pcx150, semuanya ga laku dah, eklusif, bikin bangga
    flagship suzuki = inazuma 250, ga laku dah, sangat eklusif, bikin banga yang pake
    flagship kawasaki = zx-6r, ga laku nuii, tapi akhirnya yang kepengen er-6n/f sama yang ingin ninja 250 jadi banyak banget, menghipnotis moge = multi cyl, padahal moge kalo singel cyl mesinya segeda apa tuh, tarikanya kaya apa thu
    flagship yamaha = scorpio 225, ga laku tuh motor, eklusifitas? di pertanyakan, keinginan memiliki? orang begopun lebih pilih NVL atai OVL atau byson, tampangnya moge banget tuh, tapi sayang powernya mirip kaya motor jambret yang sering ejakulasi dini, lari cepet di awal doank, habis itu mencret habis habisan di putaran atas, ga percaya? tantangin tuh motor jambret ori sama NVL atau motor apa kek, di jamin cuma menang di putaran bawah doank,putaran atasnya pun kalah sama motor overstroke, motor ejakulasi dini kiblat para FBY

  8. ga bisa ngomong apa-apa lagi…
    strategi marketingnya udah tingkat dewa
    yang pernah bilang klo orang marketingnya bego kayanya mesti belajar lagi.
    bisa-bisanya perasaan orang diaduk-aduk kaya gitu.

    mudah-mudahan happy ending.
    konsumen dapet barang murah dengan kualitas premium.
    BBM tetep ga boleh premium.

  9. Strategi AHM Differensiasi = serupa dibikin lebih murah = downgrade = turunan

    Downgrade = turunan
    PCX125 = Vario 125
    CB150R = CB150R Streetfire
    CBR250R = CB250R Tiger

    Upgrade
    CS1 125 = CS1 ayam jago (Sonic)

    Sayang klw YiMM tidak melakukan hal yg sama…. ;-)

    • YIMM sedang melakukan koq…….. tuh nyupixong yg dibela mati2an sama fby2nya, bahkan dgn tololnya menyama2kan dgn CB150….. aslinya jupe MX…….ngakak

  10. mbah,,nitip terawanganku !
    kedepannya juga pasti produk premium honda yg dijual di indonesia yakni cbr series, pcx g akan pernah dilokalin. (klw emg ttp dilokalin,past butuh waktu lama dan produk yg beda dr gen awal)
    Soo..jang pernh ngarep dech.

  11. Wew seperti strategi perang neh, yang di depan hanya kapal pelopor. Armada sesungguhnya (penghancur) ada dibelakang.

  12. …..dan ane sudah sering katkan bahwa itu adalah “KAMUFLASE YANG SEMPURNA!”
    Lihat saja strategi CB150R yg jumlah produksinya cuma 150rb di TPT, tapi yg kemudian muncul adalah VERZA 150…….strategi yg mantaf….!!

  13. Analisa cerdas, salut sm mbah dedi dukun, ups, mbah dukun aja yak.. :D
    Imho, inti jualan kan gmna dagangan laku sebnyak2nya, trus keuntungan pastilah mngikut aja. Salut ajah sm honda.

  14. Analisa cerdas, angkat topi buat mbah dukun.. :D
    Imho, inti dari berdagang kan gmna dagangan bs laku sebanyak2nya, dan keuntungan otomatis psti ngikut. So, strategi apapun sah2 sj dilakukan, asal tdk melanggar hukum. Salut deh buat honda.

  15. jadi sebenarnya bisa saja honda menjual pcx125,cbr250/150 dgn harga murah ya?ketipu ki critane….

  16. strategi yang sangat mumpuni.
    mengangkat image kalo produk turunan merupakan titisan dari produk premium.
    kalo begitu next tiger adalah titisan cbr250 ya mbah.

  17. Gak percuma mbah Satar lama di Melb… analisisnya gawat euy, hahaha
    Simpel, lugas, logis, dan cerdas dengan menggunakan bahasa yang gampang dicerna
    Diulas juga dong strategi dari brand tetangga, sebagai pencerahan otomotif, jd para visitor jg jadi terbuka wawasannya… gak cuma perang komen aja bisanya
    Viva Indobiker

  18. itu mah pandangan (*baca bahasa)marketing aka PDG :lol:
    klo pandangan umum mah flagshipnya nga laku, gengsi nga mo turunin harga ya kase produk kw 3 atau 4 ;)

      • maap ye, klo yg diatas aye mah pandangan curut AHEM..
        upaya menggeser opini publiknya gagal maning ye :lol:

      • jiah itu pandangan emang pandangan ente orang yang gak ngerti bisnis, makanya bung sotoy jangan jeplak, image itu penting buat konsumen, untuk memberitahukan ada produk esklusif, lalu ahm menggunakan pandangan itu untuk membuat semacam statement ” ini lo, produk murah tapi dengan spesifikasi hampir sama dengan motor yang harganya ++”, dengan begitu masyarakat tentu mengincar. ahm terinspirasi minerva mungkin :mrgreeen:

    • belum tentu sebuah produk derivatif itu kualitas no: 2,Bisa saja itu perbaikan kualitas dan membuang/meminimalisir sesuatu yg memang tdk terlalu penting,canggih boleh saja,di balik semua itu pasti ada efek domino.

  19. dulu era kegelapan (2000 – 2007) ada produk flagship apa dari AHM? NSR 150RR? Numpang lewat doank sebanyak 600 unit karena dumping dari Thailand, selebihnya? NOL……………

    Setelah Vixion ada, baru kerasa, oh produk2 gue jadul semua teknologinya,

    So yg bikin AHM sadar itu ya Vixion, thanks to IT…….:)

    • xixixi…kepedean amat lo tong…… kalo ditanya gini?….dulu yamaha masih maen di alat musik, nama honda maen dimana tong??…..

      • waktu yamaha maen alat musik, pendirinya honda mase blun lahir cups :lol:
        udah sana makan remahan AHEM dasar curut :lol:

  20. ga asal jor-joran.. yang berpikir keras pun terlalu hati-hati.. ada juga yang udah kepancing

  21. Keren juga ternyata straterginya, emang ga disangka ternyata strategi ini menarik pabrikan motor lain untuk lebih bisa beraksi untuk ngeluarin produk2 unggulannya di masing line

  22. Masak sih Mbah? Menurut ane, motor2 derivasi kyk CB 150R, Vario 125, itu bukan direncanakan, tapi karena terpaksa. Karena motor2 kyk NMP gak bisa menjatuhkan dominasi vixion.
    Misalnya NMP dari dulu laku & bisa menjungkalkan vixion (yg kayaknya mustahil), sudah pasti AHM gak akan bikin CB 150R, Vario 125…

  23. Salut untuk AHM, hampir seluruh segmen susah ada tandingannya. Tidak hanya kompetitor terdekat saja yang dibuat pusing , keknya para pendatang baru pun sudah dibuat pusing tujjuh keliling tuh hahaha… Sipp !!

  24. wawiweuw kl ngomongin soal marketing, krn apapun motornya yah kadang ada yg beli juga wlau bisa aja itungan jari.. Kl dari sejarah cemerlangnya Honda di 2012 menguasai market share, marketingnya pabrikan sayap mengepak ini selalu mencenangkan.. membuat kompetitor menggelegar..terbukti juga sih dari di luncurkannya CB150..

  25. strategi honda benar2 kelas dunia,ane yakin SDM honda bknlah org yg sembarangan,klo gini caranya sulit bagi yamaha atau pabrikan laen bs bersaing..bahkan mendekatipun sulit. kyknya emang tak akan lama lg segment sport ada ditangan honda…ada pendapat laen? monggo

  26. klo menurut ane CBR n PCX merupakan bentuk kegagalan marketing honda, honda berharap dengan mempremiumkan produk tersebut akan diminati kalangan anak muda yang lebih cenderung ke prestige tapi ternyata meleset, ane rasa bukan kerugian yang sedikit klo yang dimpor sekian ribu dan hanya laku sedikit.

    • Satria biru ini telmi atau emang kecele ya? dibaca lagi artikelnya tong, supaya tau apa tujuan rilis CBR & PCX. Ente juga sotoy kronis, bisa menyimpulkan jualan CBR & PCX rugi besar..hadeuh

  27. HMM… klo dipikir secara logika emang ada benernya juga sih.. strateginya bukan disitugan.. tapi strategi ini juga untuk unjuk gigi aja bahwa HONDA mambu membat dan bersaing disegala segment.. strategi sapu bersih..

  28. Strategi pemasaran yang baik sekarang itu adalah strategi yang mengarah kepada pasar menengah ke atas…klo untuk unjuk gigi, honda udah pasti oke kok

Komentar ditutup.