100 comments on “Paham dan mempraktekan berkendara yang aman … kenapa malah ditinggalkan ? Mana Suara Blogger Aktifis Keselamatan ?

  1. Iya , pelopor aktifis keselamatan cuma disini & disana (gus3).. Yang lain mana? Yang lain nggak bisa ngikutin…

  2. Heran! Masalah membonceng motor kok dikait2kan dg agama. Masalah aurat kan sebenarnya bisa di siasati? Ato kalo perlu,skalian saja wanita tdk boleh membonceng pria yg bukan suaminya. Ketahuan melanggar? Hukum denda yg berat!

    • sebentar lagi akan ada aturan baru di aceh..buang air besar dilarang ngangkang…!! hail #FanatismSempit #PembodohanOtomotif #EndonesaTanpaNgangkang

      too many religion will make you stupid.

      • Ya kalo masalah beragama mah, hak masing-masing, ga perlu lah kita meng-intervensi hal itu. Yg jelas salah adalah implementasi dalam membuat aturan itu, harusnya kalo memang mau menjaga syariat (ingat bahwa syariat di Aceh adalah pilihan warganya sendiri), bentuknya buka dilarang ngangkang, tapi lebih tepat kalo dibikin aturan dilarang mbonceng yg bukan muhrim-nya. Jadi, aturan dilarang ngangkang itu salah, yes. Tapi ngurusin agama dan keyakinan org lain, NO!

        Btw, boker itu ngangkang sendirian bro, kaga melanggar syariat. Atau jgn-jgn ente kalo boker ngangkang rame-rame?

        Sorry no offense, seperti yg empunya blog bilang, “Berhubung ini blog soal Motor … jadi kita diskusinya mengenai motor dan keselamatan ridingnya aja ya”.

      • WOIIII….ADA BERUANG……..ADA BERUANG……..ADA BERUANG……..ADA BERUANG……..ADA BERUANG……..ADA BERUANG……..ADA BERUANG……..ADA BERUANG……..ADA BERUANG……..ADA BERUANG……..ADA BERUANG……..ADA BERUANG……..ADA BERUANG……..ADA BERUANG……..ADA BERUANG……..ADA BERUANG……..ADA BERUANG……..ADA BERUANG……..ADA BERUANG……..ADA BERUANG……..ADA BERUANG……..ADA BERUANG……..ADA BERUANG……..ADA BERUANG……..ADA BERUANG……..

        panggil penjaga taman marga satwa..WWKWWKWKWKW….!!!….. ADA BERUANG YANG BARU PUNYA MOGE WANNABE SUDAH BISA NGOMONG SAFETY RIDING….panggil penjaga taman marga satwa….WKWKWKWK..

        problem???..

      • ^less religion won’t make you asshole. religion can’t help people get rid from his asshole thingy, it only make their asshole purpose more religiously imbued. nuff said.

    • Pahlawan Kesiangan yang bisanya mengolok-olok… Yg bego pemdanya kenapa seluruh orang Aceh yg kamu jadikan olokan sampahmu?!?!?! Hei Ben.. dewasa dikit nape?? punya anak istri tapi gak punya malu… Maaf om Satar.. orang kaya Ben ini gak pantas dikasih respek!!!

      • emang di kalimat mane si benny menyudutkan “SELURUH ORANG ACEH”? yg disinggung die kayaknye aturannya deh. yang kaga dewasa yang mane nih? kikikikik

  3. Aturan yg dibuat Pemda Aceh ini memang ngga tepat sasaran, alih-alih meminimalisir kontak fisik laki-laki dan perempuan yg bkn muhrim, malah bikin aturan ngga safety, selain itu jadi aturan ga guna, lah duduk menyamping kan terjadi kontak fisik juga.

    Solusinya? Kalo memang menurut Pemda Aceh dan masyarakatnya segitu penting mentaati syariat yg satu itu (saat riding motor), ya sekalian aja bikin aturan: “Laki-laki dan perempuan yg bkn muhrim dilarang boncengan”.

  4. Begini jadinya kalo walikota isi otaknya cuma ada selangkangan wanita, maka yang diurus juga cuma selangkangan doang.

  5. Ane jarang komen disini (perlu usaha ekstra soalnya:D).
    Sebenarnya masalah syariah tsb bs d kompromikan dgn kereta tandem atau jgn berboncengan sama sekali bagi yg bkn muhrim, drpd bikin peraturan yg akhirnya sama aja banyak mudharatnya. Klo soal cewe g boleh ngangkang… Hehe tanya rumput yg bergoyang deh. Aneh.

    Sst nanti malah mengundang permusuhan antar blogger lho mbah… Tp mmg banyak yg terlihat lembek sih.. Jaga etika kali ya???

  6. Karena sedikit menyentuh ranah agama (embel2 aturan ini) jadinya bikin banyak yang sungkan buat bicara

      • ya ia donk,si mbah mah udah ada peringatan nya
        ⌄⌄⌄⌄⌄⌄⌄⌄⌄⌄
        Berhubung ini blog soal Motor … jadi kita diskusinya mengenai motor dan keselamatan ridingnya aja ya :D jangan melebar yah :D

  7. Waduh mbah. Kok membara gini sampean. Mosok lebih baik mati mereka dari pada selamat. Opo ini hati yang paling dalam…. :( :( :( :( :( :(

    Saya juga akan berpikir agar yang pakai rok bisa duduk gak miring. Bikin roda 3 kali’ motornya. Namun bagi saya itu adalah keterpaksaan :( mau gimana mbah. biaya transportasi dan infrastruktur ga mendukung terciptanya arah modern. Jalan banjir dan macet. Harga tinggi dan ekonomi krisis. Rakyat beralih kepada alternatif (bonceng miring)

    • Makanya tak bilang aturan dibuat seperti itu terlalu dini kalau ga ada dukungan daro pemerintah demi keselamatan pengendara. :(

      Yang paling mantap adalah menyediakan transportasi publik yang maknyussssssssss :) :) :) :) :) :)

  8. menyelamatkan nyawa manusia itu jauh lebih penting dan termasuk terutama.

    dari sisi agama aja, ini sdh sangat memenuhi dan dipuji. Mau dari sisi lain pun jg udah pasti sangat dipuji.

    so………kalo sampe ada himbauan bodoh bahkan sampe ada peraturan yg membahayakan nyawa manusia demi alasan APApun…….maka dari sisi manapun mau dilihat TETAP itu GILA dan dihina/dicacimaki. Himbauan itu hanya demi self-pride sempit/selfishness.

    benar2 zaman uedan…………spt yg mr. satar dan mr.tri katakan.

  9. btw, blogger aktifis keselamatan yg mana aja yaa?
    tapi memang baru cuma beberapa blogger yg menyuarakan soal himbauan atau apa la ini yg membahayakan nyawa manusia………pdhl ini himbauan pincang dan melawan nature.

  10. yg cuma duduk di pagar bisa diartikan setuju himbauan tersebut…..sebab soal ini gak perlu kecerdasan yg tinggi…cukup akal sehat dan hati nurani spt biasa.

    *hahahahahahahah

  11. Saya tiap hari membaca blog si mbah ini, tapi blm pernah koment.. Soal yg satu ini saya setuju 101%.. Saya masih buta soal sfety riding, mnrut saya seharusnya soal boncenger ini g perlu dikait2kan dg agama.. G nyambung banget dah… Masak sampai mengharamkan orang ngangkang saat dibonceng?? Kecuali memang di aceh lg ada program pengurangan penduduk secara cepat..

  12. Imho.kalau soal aurat,bagi muslimah yg naik motor bisa diakali dengan pakaian berlapis (celana panjang di dalam,kain di luar),tinggal pejabat mikirin supaya pabrikan bikin jilbab guard seperti sari guard di india supaya tuh jilbab gak nyerimpet.kalau soal muhrim,bukannya memang sudah ada aturannya..lagi pula rata-rata perempuan bersuami (saya positif thinking) yang terpaksa ngojek atau membonceng bukan suami duduknya gak ngelendot ke punggung tukang ojeknya,yang perlu dikasih tau kan muslimah yg masih pacaran.kalau soal adat sopan santun…perempuan ngangkang itu demi keselamatan je…

  13. menurut gw ini mah salah kaprah

    jaman dulu emang cewe klo naek kuda atau onta duduk nyamping?

    kenapa ga bikin aturan yg bonceng harus muhrim aja kalo beda gender, pakean tertutup jadi tetep safety saat bonceng tandem

  14. tadi liat ditulisan jalan,minggu depan beneran tuh deterapin di tanah rencong……set beneran jadi ya

    *tepok jidat

  15. sy lebih setuju peraturan pemda ini dibatasi bkn pada cara tunggang motornya namun ke sisi syariah itu sendiri spt naik sepeda motor dgn cara tidak semestinya misalnya pake rok atau baju sexy yg bisa mengundang bahaya mata pengemudi yang lain.

  16. bikin bentor aja / dg kereta samping.
    lebih baik selain memberi aturan juga memberi solusi.

  17. masih sepi yg posting artikel begini. soal nya blogger lain alirannya anti mainstream mbah… hahaha.. kalo sama jadi ga seru…

    • Weh justru ini yang anti mainstream, yang lain cuma bahas motor baru
      dari motor ke motor, orangnya kapan ???

  18. Mantabz Mbah… kudu hrs di dukung pembenaran Safety Riding… kasian para wanitanya ntar,…

  19. yang nyamping masuk surga… yang nyamping masuk surga… sayang anak..sayang anak… (klo mati sayang sekali hehehehe… IIW)

  20. smoga aturan ini lekas direvisi dan ditanggalkan..

    ktimbang aturan yg msh gaje bgt ini diurusin, mending urusin pembenahan perijinan SIM yg lbh ketat.

  21. Lama2 diwajibkan suntik/minum obat anti syahwat dan merabunkan mata.. .
    WAJIB HUKUMNYA… xixixixiixiz

  22. Bagaimana dengan Vespa mbah. Dari dulu macam begitu. Footstep boncenger cuman sebelah kiri. Bahkan beberapa pakai sespan. Keseimbangan motor jelas gak sama, kalau berkaitan dengan masalah ini. Apakah insinyur² jaman dulu salah (goblok) atau gimana?

    • Tapi di produk piaggio yang baru sudah tidak keluar model seperti itu, tidak seperti piaggio yang lama. Apakah ini penyempurnaan atau kemunduran teknologi?

  23. kalau menurut saya, dari pada membuat aturan yang bisa mencelakakan, lebih baik sekalian peraturan nya wanita ga boleh di bonceng motor, boleh naik motor yg di kendarai sendiri atau mobil dan kendaraan umum saja. Maksud dari peraturan nya tercapai dan tidak berpotensi membahayakan keselamatan.

  24. Menarik nih. Dari kemaren saya lihat banyak di blog motor yang membahas ini.
    Kita ketahui banyak faktor yang membuat peraturan itu dibuat atau diterapkan. Seingat saya aceh termasuk kedalam salah satu otonomi khusus yang mana peraturan disana berdasarkan syariat. nah mungkin ini yang melatar belakangi adanya wacana peraturan tersebut karena mungkin mindset di sana perempuan itu secara etika kurang baik bila berboncengan ‘mengangkang’.
    Saya setuju jika banyak rekan blog yang bilang itu tidak safety karena memang akan mengurangi keseimbangan saat berkendara dan hal tersebut sangat membahayakan.
    Mohon maaf saya bukan bermaksud sara dan jika ada rekan yang lebih mengerti silahkan dikomentari. :D

    • nah etika itu memang kadang ga masuk akal. etika itu kan terbentuk dari adat atau kebiasaan sebuah masyarakat. misalkan gini di timur tengah memegang kepala adalah sebuah ungkapan rasa kasih sayang tapi kalo di Indonesia, hal tersebut justru bisa membuat orang marah. silahkan direnungkan kembali.

  25. bonceng ga boleh ngankang, berarti boncengnya kudu miring dan rapet, bonceng miring otomatis pegangan mesti erat, masa mau meluk tukang ojek yg bkn muhrimnya erat2 :D

    aturan konyol ini mah.
    bikin aja sekalian aturan cewe ga bole naik motor.

  26. dimana2 semua unsur kehidupan harus dikaitkan dg agama, karena kita hidup beragama kecuali kalian ATHEIS dan SEKULER monggo dipisahkan. saya setuju kalo aturan itu salah, SAMA SEKALI SALAH tapi lebih salah lg jika memisahkan urusan kehidupan dg agama!

  27. Duduk menyamping kl betis mulusnya kelihatan ya merangsang, atau cewek jadi rider dan kelihatan bentuk bakpaonya juga merangsang. Cewek dibonceng ngangkang ga merangsang blas. menurut sy se kl alasanya merangsang ya cewek ga boleh jd rider krn dilihat dari depan dan samping itu lho kelihaan bentuk bakponya

  28. ada log motor yg dirancang bwt nyamping:vespa jaman dulu, ada footpeg tambahan di kiri
    motor2 india, sari guard di kiri

  29. ada log motor yg dirancang bwt nyamping:vespa jaman dulu, ada footpeg tambahan di kiri
    motor2 india, sari guard di kiri lo

Komentar ditutup.