191 comments on “Buset !!! … ini jadinya kalo Pemda Lhoksumawe enggak paham soal keselamatan dan Teknik berkendara …

    • Mirip di India aja. Ga biasa kalau lihat wanita duduk “kangkang” (hehe). Karena wanita di sana ga boleh pakai jeans dan semacamnya. Jika pakai rok tidak terlihat dan terbentuk lekuk tubuh wanita tersebut.

      Yach zaman sekarang harus bisa mensesuaikan. Pokoknya gimana baiknya. Tapi agar tertib ya ikut saja deh. Ikut aturan yang galau ini ya kita jangan sampai kena juga :)

      Contoh sepeda ontel. Ga mungkin pembonceng kangkang. Sakit bro :)

      Asal harus “pelan” jalannya.

      Solusinya:
      -bisa kangkanng bagi wanita asal ga terbentuk lekuk tubuhnya.
      -berboncengan dengan aturan ini harus jalan maksimal 40 km/jam

      Giamana? Syariat islam masih bisa diterima :) yang bikin syariat islam nyeleneh ya oknumnya bro. Susah memang. Maklum aja bro. Kita tau memang harus mengingatkan. :)

      • Kalau berkaca di zaman Rasulullah, dimana islam mensyariatkan menjaga aurat. Maka wanita di sana bener bener jaga aurat. Tebel bro pakaiannya. Celana ala cowok dipakai. Lalu lapis lagi pakai rok. Kalau perlu lagi lapis jilbab yang panjang selutut. Belum lagi kainnya lebaarrrrr banget. Hehe :)

        Jadi ya bagi wanita di sana ya mudah banget naik unta maupun kuda. Wow!!!

        Ga pakai miring duduknya :) zaman sekarang?? Pakaiannya tipis pis :( ya kalau kangkang itunya nampak. xixi

        Beda zaman harus pintar menyesuaikan. Intinya begitu deh. Tapi ya ga lepas dari aturan yang “hak”. :)

      • Seru sih bahas aceh yang di “media” asing terutama selalu menjadi sorotan meriah. Karena islam sekaranh asing. Ga apa lah. Maklum aja.

        Nah nanti permasalahan ini diperlebar ke masalah pakaian ketat. Memang di sana di larang. Jadi sejalan aja ma aturan duduk miring. Meski duduk miring tetap pakaiannya ketat ga boleh juga. hehe

        Kadang kita lupa juga nih melihat sisi ini. Pokoknya islam ga mungkin sebegitu bodohnya. Ini mesti regulasi aceh sebagai negeri mayoritas mislim dan ada otonom serta cita cita saat merdeka dari jepanh sudah ingin menjadikan aceh negara bersyariat islam. Nah looohhh :)

        Susah nua begitu. Ada saja hal yang harus kita sesuaikan kembali. Makanya pemerintah di sana harus bertanggung jawab juga bagaimana soal keamanan pengendara. Kan pemerintah ga bisa membiarkan rakyatnya dalam bahaya di jalan. Nyawa hilang siapa mau ganti? Dzolim memaksa aturan yang bersebrangan jika ga ada penyesuaian tadi.

        Ga sabar si pemerintah ya bisa jadi. Kalau sebagai biker sejati melihat ini ada pada pemahaman safety riding yang kurang. Nah gimana kita bisa memberi pemahanan ke pada rakyat. Kalau mereka paham ga sembarangan pakai motor.

        Nah juga! Ada situasi yang terpaksa. Khusus bagi pribadi saja. Kalau bonceng istri pakai rok ke pasar mau ga mau duduk miring di motor. Tuh kondisi terpaksa. Jadi saya harus pintar dan belajar keseinbangan tingkat tinggi biar semua tetap aman. Jalan pelan pelan saja. Dan sudah siap fisik dan mental menghadapi kejamnya jalan raya. Halah. wkwkwkwkwkwk

      • jangan hina islam bro jangan asal bc memang islam melarang pakaian ketat atau terlalu tipis. Tp tidak sekaku itu. Kamu kliru syariat islam bukan dr manusia tp itu quran dan nabi. Pasti kamu bukan orang islam jadi jgn asal jeplak. Harusnya pemda Lhoksumawe jg konsultasi ma bikers yg tau safety riding.

      • masa iya di india nggak boleh pake jins..? ga boleh duduk menghadap depan..? coba aja lihat2 iklan bajaj & tvs..wkwkwk..

        Kalau pake sari itu memang terpaksa duduk nyamping, makanya dikasih sari guard.. disana boleh duduk nyamping, tapi bukan berarti duduk menghadap ke depan dilarang .. gitu loh..

        di Indonesia juga boleh kalau mau nyamping.. tapi kalau mau ke depn mbok jangan dilarang, karena nyamping itu bahaya.. seharusnya malah yang nyamping itu yang dilarang…. seperti nggak pake helm ga safety.. gitu loh..

      • Geleng2 kepala baca balasan si seno…ckckck…gk ada yg menghina dibilang menghina…org darimana ini??

      • Secara theory duduk ngangkang memang lebih safety dibanding duduk nyamping. Tetapi secara data belum tentu. Coba cek di data berapa banyak korban kecelakaan motor antara boncenger nganngkang dibanding boncenger nyamping..?? (Pasti korban yg duduk ngangkang lebih banyak)

        Secara psikologi. Kalo kita mbonceng cewe/ibu2 dengan posisi duduk nyamping maka kita akan membatasi kecepatan berkendara kita. (Apa kita pernah liat ibu2 dibaonceng nyamping dgn kecepatan 100kpj…??

        Selain itu juga untuk mencegang memar pd punggung sang rider. Coba kalo kita mbonceng cewek dg posisi duduk madep depan trus ngerem mendadak pake FDP apa gk memar tuh punggung kebentur Gunung Slamet dua biji..?

    • Safety first.. harus dikaji dengan membandingkan unsur keselamatan (mana yg lebih banyak manfaat dgn mudharatnya), jangan sampai aturan (yg katanya demi Syariah Islam) justru membahayakan boncenger..
      tambahin mbah.. klo duduk nyamping pas motor jatuh kekanan tuh punggung sama kepala duluan yg jatuh ke aspal (tangan g bisa reflek nahan) resiko benturan kepala (gegar otak). harusnya jika menutup aurat cukup pakai pakaian yg berlapis. IMHO ane kurang setuju akan hal ini.. g safety bro
      http://yanusakti.wordpress.com/2013/01/04/xeon-rc-bakal-lebih-murah-dari-old-xeon/

    • sebenarnya kalo di telisik tentang bahaya ….banyak bro…bahaya kalo itu jadi kebiasaan akan di sahkan juga….
      naik motor itu bahaya…gak percaya?lihat data nya om edo..berapa biker monding di jalan…
      kita bekerja…bahaya…
      kita berjalan…bahaya…kita napas aja…ada potensi bahaya…so…
      kalo memang bonceng ke samping di larang…harusnya naik motor juga di larang aja…dah ketahuan yg lebih bahaya tuh naik motornya….

  1. Kita tunggu saja perempuan aceh tumbang berjatuhan…. Dan imbasnya unnecessary suffering…..
    Terserah bapak pemerintah lah….

  2. Soalnya kalo ngangkang gk sesuai hukum agama mas hehehehe…haram…! walau posisi nyamping rawan celaka yg penting halal….hehehehe…

  3. Padahal klo mnurut mbah Parno…posisi nyamping disamping kurang safety juga cenderung cabul…soalnya yg pake rok bisa kelihatan bagian ”itunya”….ya gk…??? mbah Parno emang hebat dlm menganalisis…mksh mbah…

      • Biar kata gk pake rok di atas lutut (dibawah lutut misalnya),tetap aja bisa kelihatan ”itunya” kalo pas kena angin…dan naik mtr pasti kena angin…btw..ngapain gw mesti mikirin org sana,suka2 org sana mau ngapain….toh yg menikmati dan menanggung akibatnya juga mereka….gitu aja kok repot…????

    • peraturan ini dibuat cuma buat perempuan yang masih muda, bohay dan sekseh.. yang jelek, nenek2 dan stw nggak termasuk.. wkwkwkwk

  4. Ditempat saya malah para ABG boncengnya ngadep ke belakang..(pas malem taun baru sih…)
    wkkkk… Ndagel yo mas…. Ning tenan lho…

    • gw suka gaya loe…gausah terlalu serius kayak si seno…tepok jidat bisa mati kaku bergaya fanatik kayak pahlawan kesiangan…

  5. Permisi agan” ane ingin mendeklarasikan nick baru ane nih yg sebelumnya memakai nick : Imam Punya Yanie a.k.a Yanie Punya Imam a.k.a Imam Cayankk Yanie (Co cwettt) a.k.a Klingon Jr v2.0 = New Shincan..
    Terhitung mulai hari ini telah resmi menjadi Pahlawan Kesiangan, mengapa ane memakai nick ini krn nick ini terinspirasi dr seseorang yg niatnya ingin menjadi Pahlawan namun apa daya dia telat bngun krn alarmnya mati, sekian dan terima kasih.. :mrgreen: :mrgreen:

  6. belum pernah liat orang bonceng menyamping jatuh dari motor, jadi saya setuju2 aja sih.
    kebetulan saya orang lhokseumawe :)

    • nih ada orang asli sana.. hehe memang sesuatu yg terbiasa di suatu daerah akan berbeda di daerah lain.

    • saya pernah mas… jatuh nya langsung ngehantem bahu pinggul sama kepalanya….
      dan seumur2 saya ngelihat boncenger jatoh tanpa didahului dengan tabrakan.. cuma boncenger yang duduk nyamping aja…

    • Aku pernah lihat, cewek bonceng nyamping pakai pakaian sekolah dan berjilbab. Waktu jatuh langsung mukanya duluan, karena rok sempit dan panjang, nggak bisa jaga keseimbangan sama sekali. Cuma gara2 yg boncengin ngerem mendadak, bukan tabrakan. Sudah nggak tega lihatnya.

      Aku pikir cuma pemda lhokseumawe yg terbelakang, tapi kalau rakyatnya juga….

  7. konteks budaya vs safety

    gak bisa frontal mbah…. pelan2… saya di kampung dulu nganggep cewek bontjeng ngangkang juga gak sopan. tapi selepas tahu kota, yg jlnnya padat. sadar kalau itu beresiko.

  8. Emg peraturan ni bkn galau. .
    Di satu sisi bgni di satu sisi begitu. .
    Kudu pimen kyeh?
    Untung urip dudu ning aceh. .
    Amin :D

  9. kesannya cuma perempuan saja yg dikekang, memangnya laki2 disana gak pada bisa jaga nafsu apa ? baru liat hal sepele saja langsung “on” ?
    biar adil cowo juga harus duduk menyamping baik pas nyetir atw pas dibonceng .

    • @nicolas..
      jangan terlalu berpikiran dangkal bro nicolas, bukan maksud untuk mengekang, hanya ingin melindungi dari syahwat. kalo yg nyetir juga harus duduk miring mana masuk akal?
      di sana aceh, mereka sudah otonomi khusus, biarin mereka bikin aturan sendiri, toh itu juga karya wakil rakyatnya.

    • Ya gitu deh, otak mesum. Cuman bonceng cewek saja sudah on. Kok nggak mikir mbatasi mata cowoknya, malah mbatasi tubuh ceweknya. Ya salah siapa, yg dihukum siapa. Benar2 terbelakang.

  10. Inet saya kok error ?????
    Utamakan dahulu cara berkendara yang aman
    Daripada rapet2 alay juga he he pis kenyataan di jalanan demikian

  11. Tergantung budaya aja….. DI India desain motor mengikuti budaya…
    Saree Guard..
    Ini adab sopan santun peninggalan belanda…. dari jaman Victoria ini.. Cek aja gmana orang eropa jaman dahulu naek kuda….nyamping laah…
    Orang Aceh dahulu.. perempuan pake celana panjang.. Asia tengah, Turki, Arab.. Mereka dibalik gamis panjang juga daleman celana panjang…. posisi berkuda juga ga nyamping..
    Yang dianggap ga sopan kan ama orang Eropa dulu… Jadi kebiasaan adab sopan santun untuk daerah jajahannya…. tanya mbah gugel aja deeh
    India melakukan kompromi budaya dan desain motor …..

  12. sebenarnya, alasan diberlakukan larangan wanita duduk ngangkang diatas motor itu apa?? supaya ga keliatan auratnya kah?? kalo karna itu, maka peraturan ini sangat merugikan wanita, bukan melindungi wanita… harusnya peraturan itu bunyinya seperti ini “setiap pria yg melihat wanita duduk ngangkang diatas motor baik sengaja ataupun tidak disengaja, matanya harus di-BUTA-kan… Nah looohh..

    • busettttt sampe segitunya. btw anyway busway, kebanyakan wanita banyak yang menghabiskan waktunya di depan cermin agar terlihat menarik. nah supaya terlihat menarik untuk lawan jenis kan hehehhehe

      • Kalau gitu, lu nyuci motor biar maling bisa dapat motor yg bersih dong. Berarti kalau ada motor yg dicuri, salah yg punya, punya motor kok bagus. Gitu?

      • hahahaha bos victor bisa aja..semua aganwati di lantai 5 digituin juga….hahahahahha….

  13. repot kalau hukum agama di paksakan terus, hukum agama juga buatan manusia yg diberi label buatan tuhan, jadinya yg fanatik terbelenggu hal ini

    • betul betul betul dan salah satu kehebatan manusia adalah membuat sesuatu yang hitam/buram menjadi terlihat putih dan sebaliknya kwkwkwkwkkwkw

    • yang bermasalah itu bukan hukum agama nya tapi manusia nya. segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. pun pemda lhokseumawe beranggapan kalau duduk ngangkang = pamer aurat ya berarti para wanita nya harus pakai, pakaian double, gamis panjang + celana panjang (non jeans).

      kalau begitu aja masih ada yang berpikiran kotor ya itu sih individu nya bukan pakaian gamis nya.
      ;)

    • Setuju! Di mayoritas negara barat (non muslim) laki laki pemerkosa dihukum mati, di mayoritas negeri timur tengah, wanita yang di perkosa yang pasti di pancung.
      Tingkatan pemerkosaan tertinggi di dunia ada di saudi, yemen dan negara teluk bukan di negara barat .. Nah lho! Jadi yang penting adalah laki lakinya yg harus jaga mata, jaga otak, jaga hati

  14. pembuat aturan yang malah membahayakan, setuju sama teori berkendara mbah…..pernah mbonceng nyamping handling jauh berubah…..yah desainnya emang buat ngangkang…….yah pemrintahnya perlu pemikiran yang lebih BIJAK…..

  15. Maaf yee yg nyolot soal agama…

    =============
    Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Amidhan, mengatakan, dalam Syariat Islam, tidak ada aturan yang secara jelas membahas perempuan duduk ngangkang. Hal tersebut disampaikan untuk menyikapi Pemerintah Kota Lhokseumawe, Aceh, yang akan memberlakukan larangan bagi perempuan duduk terbuka atau ngangkang di atas sepeda motor.

    Menurut Amidhan, hal tersebut lebih menyangkut etika dan sopan santun, bukan pada hukum Syariat Islam. Bahkan jika dengan duduk ngangkang, lanjut Amidhan, tidak membahayakan ketika mengendarai sepeda motor, maka hal tersebut justru dianjurkan.
    ===========

    Ini Lebih kebudaya aja…..
    Disumatra sana masih dianggap ga sopan duduk ngangkang di motor… Jangankan dimotor… duduk ngangkang dikursi aja dianggap ga sopan koq….

  16. ini sih ulama goblok, namanya jeans bukan di haramkan di sariat islam

    coba jaman nabi ada jeans, musik metal, ada motor, pasti di pake nabi dan pasti tetep lah di perbolehkan, mungkin jadi sariat wajib di sono

    daripada pusing pusing mending kasih larangan bonceng beda jenis kelamin aja, tapi tetep aja bahaya, mending di kasih peraturan, motor di sana harus tempat duduk terpisah, kaya vespa jadul, (ninja, cbr, dan sejenisnya ga masuk, karena tar ulama pada liatin sempak tuh cewe)

    lha kalo apa apa yang ga ada uda di haramin ulama berarti bego tuh ulama

    coba ulama cari surat larangan pemakaian jeans di quran? masi ngeles aja tuh ulama

    ane punya guru, orangnya gamis banget, jilbab aja sampe mata kaki kayanya

    naik motor, tiap naik motor, dia dudukin tuh jilbab biar stop lampnya ga ketutup, di atur jilbabnya biar ga kena rante, peluk temen, suami, atau anaknya

    ga ada masalah sama sekali, lha pakaian gitu juga kakek kakek horny uda ogeh bayanginya untuk temen tangan tengen

    uda ah, ulama bego makin banyak di mari, tar lama lama pake listrik, kereta, pesawat, pokoknya berbau non arab di larang

    bahkan hidung pesek orang indonesia aja pasti di larang, harus mancung kaya arab

  17. maaf nih, mbonceng ngangkang dianggap teknik safety dalam berkendara kan teori, bisa jadi teori itu sangat benar, tapi fakta dilapangan banyakkan kecelakaan padahal yang bonceng ngangkang juga. jadi ngangkang atau nyamping bukan satu2nya faktor yang membuat berkendara gak safety. apa salahnya jika syariat dipertahankan? toh manusia bisa berupaya bagaimana tetap safety dalam berkendara.

    • coba deh ente naik motor kecepatan tinggi,trus boncengernya nyamping..dan tiba-tiba harus ngerem mendadak,yakin masih bisa ngehandling keseimbangan motor?yg ada malah bisa jadi siboncenger kejengklang kebelakang..

    • ente pernah naek motor pembonceng menyamping gak? kalo tempat sepi sih nopreblomo tapi tempat rame? ya ente kurang enak buat manuver. bisa aja ente menjaga jarak 4-5 m di belakang mobil dengan kecepatan gak lebih dari 40kpj n tetep stay diline itu sih gpp. tapi kalo ente manuver ke kanan buat nyalip + ada penyebrang galau ya silahkan di coba aja…

      terus share di mari…
      ;)

    • adhys……. telmi koq dipiara…..sudah sangat jelas, ngangkang dgn nyamping lebih safety ngangkang titik

  18. Agama ga mengatur soal ini….
    Ada contoh yg lebih sesuai baik secara agama dan budaya…. Orang Sikh dan helm….
    Bijak aja sebagai orang luar menyikapi nya. Jangan menggurui.. artikel safety riding mode on….xixixi

  19. ya beginilah manusia modern… agama susah dikesampingkan dg berbagai alasan.
    Klo gw sih bakal bikin aturan wanita ga boleh di bonceng yg bukan mukhrimnya, termasuk ojek, tapi posisi mbonceng ya harus seaman mungkin.

    • itu namanya membelenggu perempuan om. kalo anak ente sakit, terus ente ada di kantor. apa istri ente harus nunggu ente pulang dulu buat nganter kerumah sakit?

      minta bantuan tetangga tapi gak boleh bukain pintunya?
      apa ce juga gak boleh naek motor karena duduknya juga ngangkang?
      :lol:

      • Kn ad taksi, kn ad ambulance,, ngapain Roy mikir smpe harus naek motor.. Trus klo anak sakit, istri ma suami boncengan jdi b3 donk d motor,, sgt g safety.. Pinteran dikitlah..

      • @Mas_Comment yang komentarnya ga bisa dibalas:
        Rumah saya adanya di kompleks yang jarang dilewatin taksi, lah terus itu gimana? Blom lagi ongkos taksinye, bayar tagihan rumah sakit aja udah keder.

        Ambulans apalagi, kalo cuma demam tinggi doang, emang ambulans mau jemput? Kalo komentar, realistis dikitlah gan. Motor tuh kendaraan paling populer di Indonesia karena ongkosnya paling murah.

  20. di indramayu masih banyak yg boncenger apalagi ibu-ibu yg duduknya menyamping mbah. emang bener sih kalo mbonceng orang yg duduknya nyamping jadi keseimbangannya kurang dan kalau mau belok agak rebah pasti yg diboncengnya berasa horor :D

  21. harusnya pemprov nya yg lebih pinter
    cewe boleh bonceng ngangkang asalkan ” celananya g ketat ma ga tipis
    syariat itu perlu d tegakan tp keselamatan raider ma boncenger jg kudu d perhatikan
    jgn nunggu ada korban dulu

  22. Syariah Islamkah? Rasulullah SAW mewajibkan para perempuan untuk memiliki tiga keterampilan, dan tiga keterampilan tersebut ialah:
    1. Wajib belajar memanah
    2. Wajib belajar berenang
    3. Wajib belajar berkuda
    Apakah pada jaman tersebut perempuan dilarang berkuda dengan duduk mengangkang? Haruskah perempuan duduk menyamping saat berkuda? Haruskah? Aya-aya wae atuh pamarentah teh.

    • jaman rosul perempuan memang bercelana, namun bertutupkan jubah panjang, jadi tak nampak celananya, kalo sekarang lo lihar aja di ankot, waktu mau naik angkot si cewek pegangin krah bajunya, waktu mau turun pegangin belakang celananya, (kuharap kamu tau yg kumaksud) dan inilah yg menjadi perbedaan perempuan jadul dan masa kini.

  23. yang bikin peraturan itu yang otaknya parno….
    penuh dengan pikiran kotor…, cuma lihat perempuan pake jeans aja otaknya udah ngeres…
    pantasnya tinggal di hutan tuh orang kayak gitu….

    klo orang itu pergi ke daerah pedalaman kayak wamena atau badui, mungkin dia bakal blingsatan kali ngelihat perempuan cuma pakai rok umbai2 tanpa pake baju dan beha….

  24. pak pembuat peraturan mungkin jarang naik motor… atau biasa naik motor dengan ritme yang pelan dan santai..
    moda2han pak pembuat peraturan sadar.. kalo mbonceng miring itu ga enak… dan ga aman…
    amin amin amin

  25. hahahaha.. sekarang cara boncengan cewek pun gak lepas dari aturan… kasian banget para cewek.. :)

  26. Pengalaman mbah, di tempat ane pernah ada cewek yang baru pulang dari hajatan mbonceng motor. Eh ndilalah ditengah jalan roknya yang panjang nyangkut di gir belakang. Yaudah itu rok sukses sobek dan ketarik gir, alhasil itu cewek jatuh Plus malu karena roknya ketarik sampe kliatan dalemannya

  27. otaknya sendiri yang kotor tapi malah perempuan yang mau dibikin celaka gak septi…..
    dasar muka mesum…..

    gak ada bedanya yang teriak koar2 sana sini teriak anti pornoaksi dan pornografi, tapi isi otaknya cuma hal-hal mesum doang, isi hpnya cuma video porno. lihat celana jeans cewe aja udah ngeres..
    baru lihat telapak kaki cewek aja otaknya udah lari ke pangkal paha….

    hadeh…..

    • nah, klo jeli itu yang harusnya dirubah brow.. “cuci” otak masyarakat yang sering mengarah keselangkangan.. tanamkan ajaran, dan sopan satun (ajaran agama juga wajib, mumpung di daerah yang bernuansa religi PASTI BISA, (mosok gak bisa :D ) sebagai antisipasi degradasi moral..

      #klo masalah berkendara tetap keselamatan faktor utama, klo itu di hilangkan bijimane jadinya.. :(
      mungkin perlu di kaji lagi..

  28. untung di daerah saya gak ada aturan seperti itu.. klo pun alasannya menekan timbulnya angka pelecehan terhadap wanita, saya lihat selama ini baik-baik aja, penekanan terhadap saling menghormati dan sopan santun yang paling penting.. jadi rubah dulu mindset masyrakatnya, ajari tentang saling menghormati antar manusia (cewek/cowok) jadi gak perlu mengorbankan faktor keselamatan.. :D

  29. Gini, sebaiknya yang bikin aturan duduk nyamping itu disuruh studi banding dulu.. dia suruh ikut Ducati Riding Experience.. mbonceng Troy Bayliss tapi duduknya nyamping..

    Biar tau rasanya kayak apa.. wkwkwkwkwk..

    • hahahaha ga usah sama bayliss mas… sama temen sekantornya aja deh.. suruh duduk miring dari kantor kerumah… hehehe

  30. 2x liat kasus beginian…
    1. Ibu2 pake kain kesangkut di rantai akhirnya ibu2 itu jatuh dan kainnya lepas di jalan. Kebayang malunya..
    2. Cewek keknya pegawai bank dibonceng cowoknya yang sok ngalay nikung akhirnya kaki ceweknya gusrak jalan dan high heelnya copot kena yang naik motor disamping gw
    Kesimpulan gw… Budaya juga mesti memperhitungkan keselamatan…
    Kita ga tau apa yang bakal ada di jalan..situ hati2 ga mau nabrak bukan berarti ga bakal pernah ditabrak sama orang lain dari belakang..itu aja analoginya

    • Hm.. sy udah sekitar 4 tahunan lebih sering duduk miring saatt di bonceng alhamdulillah gak masalah loh mas :) tapi kalau terpaksa duduk ngangkang selama tidak menampakkan lekuk tubuh dengan make baju yang sesuai syariah sih gak papa juga.

  31. harus dipahami bahwa syariat islam dibangun atas dua hal yaitu mendatangkan kemaslahatan dan menghilangkan kemadlorotan. dan dalam beberapa kitab fiqih disebutkan “Sesuatu yang membahayakan itu harus dihilangkan.”…
    dalam hal ini, yang membahayakan adalah duduk miringnya. kalo pakaiannya sesuai syar’i, mau ngangkang… tiarap… ngatang-atang, insya Alloh auratnya gak bakal keliatan kok.

    masih dimaklumi kalo ridingnya cuman Antar Kampung Antar Prapatan, alias short trip. cmiiw

  32. Saya kira anda ini org yg berpikiran luas, klu atas nama adat istiadat, budaya suatu daerah ya kita hargai, beri masukan klu mrs gak sesuai. Toh sperti sampeyan blg disuatu daerah, org pake clana umbai2 gak ada yg ribut apabila menyangkut adat istiadat keyakinan kampung tersebut. Bnyk adat istiadat yg bahkan extrim kita tetap hargai. Bukan’nya dgn cara nyolot, koar2…hedeh.., ni artikel peka menyangkut adat istiadat bahkan mengandung keyakinan yg perlu kita hargai, tanpa mengenyampingkan sisi keamanan buat kaum wanita.

  33. Rekan kerja istri saya pulang dibonceng temannya duduk nyamping karena pakai rok, dijambret tasnya, jatuh, masuk rumah sakit, koma, meninggal.. True story, kejadian tahun 2011..

  34. Memang masih aneh jika dipikir secara wajar karena ini bisa juga diartikan cewek ngak boleh bawa motor nganakang, bolehnya miring. apa ngak lebih bahaya lagi tuh ,.. tapi biarkan orang sana saja yang memikirkannya. Takur dituduh sara ah.

  35. biarin ajah kali, jadi lo lo pada yang repot. mau duduk ngangkang kek, mau tengkurep kek, asal jangan telen”tang” aja (wkwkwk ) suka suka dia, yang naik motor dia, yang jatoh dia. kita aja yang waspada. kalo di jakarta baru atawa kota kota laen baru aneh. dan kalo di berlakuin di jakarta, pasti para bloger senior, macam bah dukun pasti turun gunung.

  36. Otak slangkangan….dtaroh dpante kuta bisa2 stroke tuh liat paha ∫∂♍∂ dada bule…..

  37. yg bikin peraturan selangkangannya minta digembok…masak liat cwe semlohay langsung on,kebanyakan makan kambing kalee…

  38. nanti bilangin untuk Pabrikan H dan Y untuk buatin motor khusus Aceh guna menyesuaikan aceh juga daerah khusus di Indonesia….

  39. Gan semua Kontennya mengurangi resiko bukan menghilangkan…kalo yang ditakutkan resiko mesum..itu pendidikan akhlak lah apa hubungannya dibonceng ngangkang ama mesum…silahkan dipikir sendiri…kalo urusan pakainan islami saatnya berevolusi, buatlah pakaina yang masih menjunjung nilai keislaman dan syariat tanpa mengorbankan keselamatan….pakaiannya seperti apa..sebagai umat Muslim ini namanya tuntutan untuk maju..sokkk

  40. lebih tepatnya keblinger budaya dan mengatasnakan agama… ketika semua cewek ngangkang dan terlihat ketat maka yang disalahin posisi duduknya… lha mbok ya cara berpakaiannya yang dibenahi… seperti jaman rosul dulu… serba lebar dan berlapis jadi duduk secara sefety menjadi aman… lha koq malah cara duduknya yang dibenahi??? ini mirip seperti ketika orang pada belok kiri untuk mencapai surga (padahal surganya aja dikanan) lha koq surganya di pindah ke kiri biar sesuai… seharusnya dikasi tau aja kalo surga dikanan ya beloknya ke kanan…

  41. Dibikin aturan dulu cara berpakainnya yang syar’i, terus khusus boncenger cewe dibuatkan gandengan khusus model bentor….mau duduk ngangkang hadep depan tapi pakaiannya belibet kemana-mana juga ngga safety bro.. apalagi duduk nyamping trus kainnya berkibar kemana-mana, nyangkut di gear atau ban kan berabe.

  42. Syariat? memangnya naik unta itu gimana, nyamping ya? sebagian umat Islam di Indonesia terkadang cenderung melebih – lebihkan sesuatu atas nama agama hanya untuk menutupi kekurangan otak mereka.

    • Susah mbah! Karena aturan tsb dibuat karena alasan agama jadi pasti komentarnya pasti bersinggungan dengan agama

    • Sulit ini mbah.. Kalau udah begini terlalu banyak yang sensitif. Padahal maksud mbah cuma membahas safety riding saja

  43. Sekalian aja haramkan roda dua!!
    Itu walikota sok tau dan sok alim aja, lebay amat, ntr klo ada kecelakaan karena masalah duduk menyamping tu pemkab aceh barat pura2 gk tau

  44. Syariat agama harus di tegakan tapi peraturan juga penting berdoa saja mana yg aturan terbaik harus di pakai, hahaha sbenarnya adat istiadat membawa nilai positif walau kadang bertentangan seperti ini SALAM DET NOT

  45. di filosofi2 lain wanita dipuja sebagai kehidupan, kesuburan, kesabaran, kasih sayang, kesucian, dll
    cuma “filosofi” tertentu saja yg melihat wanita sebagai objek seksual semata makanya perlu dibungkus rapat kayak lemper kalau perlu sekalian dilaminating karena kaum prianya gampang nafsuan liat kulit sedikit aja kayak kucing liat ikan asin :)

    bikin peraturan salah kaprah wanita dikorbankan cuma karena para prianya tdk mampu mengendalikan nafsunya.

  46. Hah? Masih banyak hal hal lain yang lebih penting di kerjakan untuk meningkatkan taraf hidup masyrakat aceh, kok malah ngurusin masalah “ngangkang” yang nggak penting. Berita di koran aceh (tribun), seorang wanita di perkosa di ancam hukum rajam, laki laki pemerkosa dihukum 7 tahun + 10 cambuk, alasannya laki laki memerkosa karena lihat wanita tsb terlihat sexy… Simpulkan sendiri…

  47. dah, dari pada komen gak jelas di artikel ginian mending lo nonton TV one sekarang. dibahas tuh, bukan cuma yg bersumber dari media cetak/internet doang dengan bermodal “link” yg bisa diotak-atik ama wartawan.
    di situ ada acara livenya, tanya jawab langsung ama pemimpin daerah sana.
    intinya itu bukan peraturan, namun masih himbauan, jika banyak pro aka dijadikan perda, jika banyak yg kontra maka dibatalkan. begitu..
    lagian wawancara ama warga sana juga ada yg pro dan kontra.

    • Mending liat slangkangan di take me out indosiar…….katanya semakin banyak godaan semakin banyak pahala…ini bahan godaan dilarang semua gmna mau dapat pahala…hahahhaha……

  48. pengalaman ane mboncengi ibu2 duduk menyamping: oleng-shg terpaksa jalan pelan-akibatnya sering bgt diklakson dari belakang-akhirnya ada yg ‘mendorong’ aka ‘menyundul’ motor ane. Intinya itu berbahaya, tidak percaya silakan coba resiko tanggung sendiri. Terkait dgn budaya lokal sebaiknya ada win2 solution misalnya dgn ‘memodifikasi’ cara berpakaian dan cara pikir terutama yg terkait dgn keamanan berkendara

  49. Sebaiknya pemda melakukan kajian atau penelitian atau apalah namanya sebelum mengeluarkan himbauan atau perda agar tidak muncul kontroversi

  50. udah pasti yg safety kalo bawa cewek itu ya duduk ngangkang, terlepas dari soal motif…….itu orang2 pemerintah sok agamawi mungkin nggak ‘membumi’……yg lebih concern dan curiga soal motif hati (mirip2 fbh yg concern soal motif hati orang) shg ngasi peraturan yg samasekali diluar akal sehat dan berpotensi merugikan bahkan menghilangkan nyawa orang.

  51. RALAT PEMDA ACEH : yang haram itu naikin motor orang tanpa izin alias maling. boncengin istri orang…pke ban cacing juga haram…soalnya cacing termasuk hewan menjijikan koq dijadiin ban ya?

  52. saya pernah bonceng adik perempuan saya, trus motor jatuh kesamping krn nabrak sepeda, syukur jatuhnya ke kiri, lah kalau ke kanan?

    emang kenapa kalau ngangkang? apa ceweknya ga pake celana apa? trus cowok yg punya mata ngapain juga ngeliat selangkangan cewek naik motor??? SAKITTTTTTTTTTT!!!!!!!!!!!!!!!!

    WAKE UP MY NATION!!!!!!!!!!! STOP BICARA NASIONALISME JIKA CARA BERPIKIR TIDAK MAU BERUBAH!!!!!!

  53. Kalau membicarakan hal yang melibatkan agama seperti ini terlalu banyak yang sensitif dan mudah tersinggung.. Entahlah sampai kapan seperti ini. Memang agama itu penting, tidak ada yang menyangkal. Tetapi mas2 jangan lupa bahwa kita juga dikaruniai Tuhan logika berpikir untuk mempertimbangkan banyak aspek. Kita harus terbuka dengan berbagai macam kemungkinan. Jangan menitik beratkan kepada salah satu aspek saja tetapi menyampingkan aspek lain yang tidak kalah penting juga. Sulitnya disini, saat seorang berpendapat, terlalu banyak yang sensitif padahal maksudnya belum tentu menyinggung. Yah, saya nyimak aja deh…

    Nitip ya mbah

  54. Duduk ngangkang aja dah pegelnya minta ampun, apalagi duduk nyamping dengan kepala ngadep depan. apalagi berjam-jam, leher rasanya puegelll tenan…….gue malah kasihan ama boncenger cewek. Daripada bikin kebijakan kayak gitu, mendingan semua cewek nggak boleh naik motor aja sekalian. atau sekalian aja cewek cuman bawa mobil atau sepeda aja.

    • Setuju nih…, jadi kewajiban Pemda nya menyediakan sarana angkutan umum. Jangan cuma bisa melarang tanpa kasih solusi yang aman….

  55. ORANG ACEH GAX PENAH PROTES TO DUDUDK NYAMPING
    HEHHEHE
    UDAH KEBIASAN DI ACEH
    SEBULUM DIBUAT NI PERATURAN
    ACEH MEMENG UDAH NYAMPING DUDUKNYA
    SO , AMA2 AJA KOK
    KLIAN JANGN PANIK YHA
    N DI ACEH KAGAK ADA JAMBRET, JADI GAX JATOH, GAK KOMA, NGAK MATI DEH
    HAHHAH
    PISSS MEN

  56. pemerintah kurang gawean, mending bikin aturan buat koruptor supaya dihukum pancung

    mau nyamping mau gk, terserah, yg pnting hati2
    menurut sy menyamping itu boleh, tp gk wjib, misal orang pakai kebaya g akan bisa ngangkang..

  57. gw rasa itu cara pemda menghamburkan budget daerah untuk rapat yang sia2. Daripada mereka ribet buat aturan konyol lebih baik buat aturan saja kalo ada kendaraan khusus buat para wanita. Mereka lebih baik naik bentor (becak bermotor) spt di Medan

Komentar ditutup.