59 comments on “Woooi … Pake Ban Kegedean Sama Ga Amanya dengan ban Cacing !!!!

    • ga juga tuh….
      mungkin yang benar cukup aman, tapi masih bisa di tingkatkan.
      yang ada tinggal gimana kita cermat memilih dengan benar.
      velg kecil di pasang ban kecil menyebabkan permukaan ban yang bersentuhan dengan aspal sedikit, imbasnya grip sedikit, mudah slip.
      velg kecil di pasang ban lebar menyebabkan permukaan ban yang bersentuhan dengan aspal relatif lebih sedikit dari seharusnya ban sesungguhnya, serta lebih mudah goyang, secara pegangan velg ke ban sama, tapi di kasih ukuran yang lebih besar.
      velg lebar di pasang ban yang kekecilan juga menyebabkan permukaan ban melebar. tidak terlalu masalah ketika di pakai di jalan yang lurus, namun sangat jadi masalah ketika di pakai berbelok. belum lagi jika ketemu jalan yang tidak rata, dan kemungkinan ketemu aquaplain ketika hujan.

      yang bagus ya yang pas-pasan aja. lihat rekomendasi ukuran pemasangan velg dan ban.
      kemudian sesuaikan juga sistem pengereman. bobot ban nambah, gaya sentrifugal roda juga nambah, mesti di dukung piranti pengereman yang juga lebih baik.

      • maksud nyaman disini ane ga usah keluar duit lg buat beli ban atau velg..makanya pake bawaan aje..hehe..kasihan uang udah nyaman di balut kehangatan dompet harus keluar lg buat bli sesuatu yg sebenernya ga jd prioritas..piss ah

  1. Wah mbah vixion ane pake 130/70 tapi velgnya standar itu gimana mbah?

    salam
    Every ( YVC-CK 001 )

  2. Kemarin waktu kehujanan di Sleman, ban standar saja terasa ngambang, gimana ban gede ya? Termasuk yg peleknya besar sekalipun apa nggak makin ngambang. Mending dicocokin juga dgn tenaga dan bobot motor.

  3. Tetapi pergerakan motor yang “3d” alias maju – mundur / kanan – kiri /

    emang motor bisa mundur mbah..:D

    hee

    • Bisa bro motor dibikin mundur, sodara ane pernah punya mtor dibikin mundur ketika oper gigi dari netral ke gigi1, dibuat gitu sengaja untuk ngehindarin maling.

  4. penggantian ban gede musti disertai penggantian velg juga, ga asal ganti
    gedenya ban juga musti diperhitungkan, karena kalo arm tidak kuat jalan jadi geal-geol

  5. jd ukuran yg pasnya gmn mbah??
    velg 2,5 = ban 100/80 – 110/70
    velg 3,0 = ban 110/70 – 120/60
    velg 3,5 = ban 120/70 – 140/70
    velg 4,0 = ban 140/70 – 150/60
    velg 4,5 = ban 150/60 – 160/60
    velg 5,0 = ban 160/60 – 170/60
    velg 5,5 = ban 170/60 – 180/55
    velg 6,0 = ban 180/55 – 190/55
    velg 6,5 = ban 190/55 – 200/55
    betulkah ukuran yg ini??ayo monggo di share..buat ilmu nih

  6. selain bahaya jika mengganti ban dngan uk yg lbh bsar tanpa mengganti velg dngan yg lbh bsar pula,maka efeknya ad kaki2 dpt dpastikan cpet aus karena beban bertambh…rante jg cpet kendor..
    emisi gas buang juga gak bagus,mesin jg lbh ngoyo..
    kalo d boil stau sy toleransi max ad +2 inch dr uk standar..bner bgt y mbah dhukun???

  7. @ a12g4p5 : setuju sih, mending pake ukuran ban standar, perbandingannya sudah melalui R&D pabrik, tentunya sudah dihitung dengan fisik motor, kapasitas engine, berat dan karakteristik motor.

    Namun sy berpikir -mungkin- pabrikan juga ngejar irit jadi sedikit mengorbankan kenyamanan atau bahkan keamanan. Motor pio sy rencananya mo pake velg lebar standar uk 17″, ban mo ganti 100/80 depan dan 120/80 belakang, namun kcepatan mungkin akan berkurang dan akselerasi bertambah. Klw ngurangin mata gear sedikit biar top speed tidak berkurang, aman gak ya? ato gear dibiarin standar aja? plis sarannya

    • kecepatan dan akselerasi sama-sama berkurang om. ukuran ban segitu gear standar masih oke, secara cc pio lumayan.
      yang jadi pertanyaan, ente mau pake velg apa?
      kalo velg jari-jari, jelas enteng. kalo velg racing merk Chemco lumayan enteng. tp kalo merk POWER, jangan tanya.. beuraat pisan tuh velg.
      naikin gir belakang satu mata masih oke, tp ganti dulu ya rantenya pake type sambungan.

  8. Nah kalo yg terjadi skrg umumnya ban standar diganti dengan ban yg ukurannya lebih besar 20mm dr ban standar… Misalnya ban standar 130 mm diganti dengan ban 150.
    Menurut mbah gimana??

Komentar ditutup.